Irdam XVI/Pattimura Pimpin Taklimat Awal Post Audit Itdam XVI/Pattimura TA 2023

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Irdam XVI/Pattimura Brigadir Jenderal TNI Dadang Rukhiyana, S.E., M.Si. memimpin Acara Taklimat Awal Pengawasan Post Audit Itdam XVI/Pattimura di satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura TA 2023, bertempat di ruang Yudha Makodam, Ambon, Jumat (10/02/2023). Kegiatan ini selain dilaksanakan secara offline (tatap muka) juga dilaksanakan secara online melalui vidcon.

Membuka acara, Irdam dalam amanatnya mengatakan, tugas pokok Itdam XVI/Ptm adalah membantu Pangdam XVI/Ptm dalam melaksanakan pengawasan umum di bidang kinerja dan perbendaharaan untuk menjamin dan meyakinkan bahwa segala usaha, pekerjaan, kegiatan pelaksanaan tugas pokok Kodam XVI/Pattimura dilaksanakan sesuai dengan rencana, program, norma, ketentuan, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta mencapai hasil yang optimal. Selain itu juga membuat penilaian dan laporan keadaan disiplin, kesiapsiagaan, daya guna dan hasil guna dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.

“Berdasarkan tugas pokok tersebut, Itdam XVI/Ptm melaksanakan post audit yang akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Februari sampai dengan 13 Maret 2023 sesuai dengan jadwal yang telah di susun”, ujar Irdam.

Lanjut dikatakan Irdam, adapun Post Audit ini bertujuan untuk mewujudkan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, tercapainya efektifitas, efisiensi serta pencegahan dini terjadinya penyimpangan pelaksanaan program kerja dan anggaran di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

Sedangkan sasaran post audit ini adalah terwujudnya kegiatan audit melalui bantuan konsultasi dengan metode post audit untuk memberikan nilai tambah perbaikan resiko, pengelolaan dan pengendalian proses tata kelola organisasi serta pencegahan dini terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan program kerja guna tercapainya tugas pokok Kodam XVI/Pattimura.

Irdam mengatakan jika pengawasan yang dilaksanakan oleh Itdam sangat penting dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja organisasi satuan jajaran Kodam, dengan harapan terwujudnya Ketaatan, Kepatuhan, Efektif, Ekonomis dan Efisien (2K & 3E) dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran.

“Dengan demikian, hasil dari pengawasan akan mewujudkan organisasi yang sehat, mekanisme kerja benar serta terhindar dari penyimpangan dan penyalahgunaan dalam pelaksanaan program dan anggaran di satuan Kodam XVI/Pattimura,” ujar Irdam.

“Kepada satuan jajaran Kodam yang menjadi obyek pengawasan, Saya instruksikan agar bekerja sama dengan Tim Post Audit Itdam XVI/Pattimura untuk memberikan data-data yang diperlukan, serta laksanakan komunikasi dengan baik dan semaksimal mungkin terhadap mekanisme pelaksanaan pengawasan,” pungkas Irdam.

Taklimat awal diikuti seluruh entitas yang akan menjadi sasaran audit yaitu seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60