Menyongsong Dies Natalis ke-25 FMIPA Universitas Pattimura Ambon

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Wakil Rektor (Warek) III Unpatti Ambon, Jusuf Madubun bersama Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Pieter Kakisina mencanangkan Dies Natalis FMIPA ke-25.

Pencanangan berlangsung, Jumat (17/2/2023) di Hall FMIPA Lantai I, yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FMIPA, Prof. Dr. P. Kakisina, S.Pd, M.Si., saat diwawancarai Awak media seusai acara tersebut, bahwa hari ini adalah acara pencanangan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Dies Natalis Fakultas MiPA yang ke 25, yang nantinya jatuh pada tangal 26 februari 2023, karena tanggal 26 februari itu hari Minggu maka acara puncaknya dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2023, dan hari ini mulai kegiatan-kegiatan menyongsong Dies Natalis tersebut, dengan tema “Sains Bersinergi Menghadapi Resesi Global”

Kakisina menjelaskan, Sains turut berperan, dalam kondisi-kondisi global saat ini, dan ada sejumlah kegiatan-kegiatan yang nanti akan dilakukan dalam rangka menyongsong Dies Natalis yang ke-25, dan perlu Kita ikuti, menyongsong usia ke-25, fakultas MIPA tidak stagnan. Fakultas MiPA mengalami perkembangan yang cukup pesat mulai dibuka dengan 4 jurusan program studi dan kemudian sekarang sudah menjadi 7 program studi dan nanti akan bertambah lagi program studi yang baru, antara lain : Fisika, Matematika, Kimia, Biologi ditambah dengan Bioteknologi, Farmasi, Statistika, dan Ilmu Komputer.

” Jadi sudah 8 program studi saat ini, dan nanti akan sementara diproses oleh Dikti adalah Sains Biomedis, dan nanti kurang lebih ada 9 program studi, karena Fisika juga berproses untuk prodi baru, dan dalam usia menjelang yang ke-25 ini, kemudian dari 4 program studi yang baru yang awalnya dibentuk itu, sudah satu yang akreditasi unggul yaitu prodi Fisika dan kita doakan juga akan diikuti oleh Kimia yang mulai berproses untuk ke akreditasi, ” jelasnya.

Selain itu, dikatakannya, Fakultas MIPA turut mensuport perkembangan Universitas Pattimura kedepan dengan dipenuhinya prodi-prodi baru untuk memenuhi kebutuhan lulusan dari SMA, sehingga mereka tidak lagi perlu lagi ke luar Maluku untuk mengambil program-program studi khusus Matematika dan Sains di luar daerah karena sudah ada di Unpatti.

Dengan dibukanya prodi-prodi baru ini , Kami Fakultas MIPA telah memasukan naskah akademi ke Kementrian berkaitan dengan perubahan nomenklatur Fakultas MIPA menjadi Fakultas Matematika, Sains dan Teknologi untuk mengakomodir prodi-prodi baru yang saat ini, merupakan kelompok bidang ilmu diluar ilmu-ilmu MIPA yang awalnya, tutur Dekan.

” Jadi sudah ada nomenklatur untuk kelompok-kelompok bidang ilmu, yang tergolong dalam ilmu natural Sains atau ilmu alam yaitu Fisika, Kimia, Biologi, sedangkan Matematika itu tidak termasuk dalam ilmu Sains, ia berdiri sendiri, karena itu lulusannya dan gelarnya tidak sarjana Sains tetapi sarjana Matematika, sarjana Statistik kemudian Ilmu Komputer, sarjana Komputer atau S.Kom, nanti Farmasi juga sarjana farmasi S.Fam, kemudian Biotek juga sarjana biotek S.Biotek, sedangkan nanti biomedis itu adalah S.Biomed,” terangnya.

” Ilmu alam sekarang sudah berdiri sendiri, dan sudah muncul ilmu formal, ilmu terapan, interdisiplin seperti Biotek itu adalah interdisiplin sehingga kita juga harus mengikuti perkembangan ilmu alam saat ini yang sudah meluas, jadi MIPA juga harus mengikuti perkembangan itu, kata Dekan.

Sementara itu Ketua Panitia, Mario Sohilait menjelaskan bahwa dari tema tersebut, Sains memiliki arti ilmu sains yang terdiri dari, Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, dimana mereka semua bersinergi untuk menghadapi resisi global dalam artian, bersama-sama bersinergi dalam menghadapi sesi global ini. Menjelang Dies Natalis diadakan sejumlah perlombaan yaitu 10 lomba, yang terdiri dari 4 lomba internal, dan 6 lomba eksternal kemudian acara puncaknya yaitu acara ceremonial yang didalamya ada penyerahan hadiah kepada juara dari 10 lomba tersebut, ungkapnya

Diketahui, Sebelum pencanangan, Warek III, Dekan FMIPA, para Wakil Dekan, dan Civitas Akademika FMIPA melakukan jalan santai bersama di areal kampus Unpatti.

Adapun Lomba-lomba menyongsong Dies Natalis yaitu lato-lato, berpacu dalam melodi, lomba berbusana kerja, pinalti kick, karya ilmiah, Ranking I, creative dance, ukulele, TikTok sosialisasi, dan FMIPA Expo, dan perlombaan akan berlangsung hingga puncak Dies Natalis FMIPA pada 27 Februari 2023.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60