Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena Perintahkan Dinas Terkait Tertibkan ODGJ

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Drs.Bodewin. M. Watimena., M.Si memerintahkan agar jajaran Dinas Sosial serta Satpol PP untuk bergerak dalam menertibkan orang yang mengalami gangguan jiwa yang berkeliaran di dalam kota Ambon, untuk dibawa ke Rumah sakit jiwa.

” ODJG tidak bisa dibiarkan berkeliaran saya sudah bilang kepada Satpol PP dan Dinsos, harus terbuka untuk melihat kondisi Kota ini, kalau lihat di jalan langsung tangkap,” kata Pj.Walikota di Balai Kota Ambon, Jumat (3/1/2023).

Wattimena menegaskan, Dinsos dan Satpol PP kota Ambon, harus ambil tindakan, penertiban ini merupakan tugas rutin yang harus dilakukan, tidak harus menunggu ada laporan dari masyarakat baru bergerak. “ODGJ kita sudah tanggap masukan di rumah sakit jiwa, karena ODGJ tidak ada cerita, begitu lihat langsung tangkap bawa ke rumah sakit jiwa,” jelasnya.

Menurut dr. Nurhayati Jasin, Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, pihaknya telah berhasil menangkap dua ODGJ dan sudah dimasukan ke rumah sakit jiwa tetapi diakuinya ODGJ yang lain masih berkeliaran di jalanan dan Dinsos takut untuk menangkap mereka, sebab tugas kita untuk membawa ODGJ ke rumah sakit jiwa guna mendapatkan pengobatan dan rehabilitasi, dan setelah sembuh dikembalikan ke keluarga pasien, dan selain itu tugas Dinsos juga untuk merehabilitasi fungsi sosialnya, sehingga mereka dapat diterima di lingkungan Masyarakat, kalau misalnya ODGJ telanjang di jalan, itu berarti Dia masih sakit dan kita takut untuk menangkap mereka, ungkapnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60