Forum OPD Bapenda Provinsi Maluku Bahas Sinkronisasi Perencanaan: Menuju Peningkatan Pendapatan Daerah Berkualitas

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Bapenda Provinsi Maluku, menyelenggarakan Forum OPD Bapenda Provinsi Maluku Tahun 2023, yang dilaksanakan di Lantai 1 Marina Hotel, Rabu, (29/3/23), pagi.

Forum OPD Bapenda Provinsi Maluku Tahun 2023 mengangkat tema, ” Pemantapan Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Ekonomi, Penguatan SDM Dan Konektifitas Untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Padi) Yang Berkualitas “. Rapat dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Maluku, Habiba Saimima yang dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Kepala Bapenda Kabupaten Kota se-Provinsi Maluku dan unsur terkait.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku, DR. Djalaludin Salampessy, S.Pi, M.Si., mengatakan bahwa Forum OPD Bapenda Provinsi Maluku Tahun 2023, merupakan bagian dari dukungan untuk menyinkronkan program pendapatan dalam perencanaan tahun 2024, ungkapnya.

“Perencanaan Provinsi Maluku mengacu pada Visi besar yaitu, Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani terjamin dalam kesejahteraan, serta berdaulat atas gugusan kepulauan. Ada 6 (enam) misi di Bapenda untuk menciptakan birokrasi yang jujur, bersih, dan melayani yang semuanya mengacu pada upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), “ujarnya.

Dikatakannya, Pertemuan hari ini dihadiri oleh, Bapenda dari 11 Kabupaten/Kota dan 12 UPTD Pendapatan, untuk merumuskan kebijakan dalam mendorong peningkatan pendapatan dari aspek pajak dan retribusi, sesuai dengan UU nomor 28 tahun 2009. Dalam pertemuan tersebut, Ketua TGPP menjadi narasumber yang menyoroti upaya sinkronisasi, dengan menciptakan objek-objek baru berdasarkan kondisi faktual daerah Maluku, yang didominasi oleh laut. selain itu Ia juga mengungkapkan bahwa, pajak yang sudah diberikan akan didorong oleh retribusi untuk meningkatkan pendapatan, kata Salampessy.

” Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku mengajukan 3 (tiga) rancangan peraturan daerah untuk mendukung retribusi daerah dari retribusi perizinan tertentu yang lebih dari 400 objek, dan juga akan mendorong elektronifikasi sistem perpajakan dan sistem elektronifikasi di bidang retribusi untuk objek yang dikelola oleh Provinsi. Dalam forum ini, Dinas Kelautan dan Perikanan juga memberikan respon positif untuk mewujudkan satu upaya maksimal pengelolaan perikanan terhadap peningkatan PAD,” ucapnya.

Diketahui, Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Keuangan Daerah dan Badan Keuangan Provinsi Maluku juga hadir, untuk memberikan dukungan terhadap Perencanaan di tahun 2024.

Ditambahkannya, tahun 2023, Provinsi Maluku berhasil meningkatkan penerimaan pajak dari 13,02% menjadi 16,5%, dengan dukungan sektor pajak dan retribusi.

” Saya selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku berterima kasih kepada Tim Samsat, Jasa Raharja, Direktorat kepolisian lalu lintas, dan Bapedda serta 26 OPD di pemerintah provinsi Maluku yang telah bersinergi dalam pungutan retribusi, ” pungkasnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60