Dr. Ivan Abednego Buktikan Pelayanan Kasih RS.GPM Ambon kepada Pasien dalam Seminggu

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Plt. Direktur RS.Sumber Hidup GPM Ambon, Dokter Ivan Abednego, telah berhasil menciptakan program inovatif yang sukses, meningkatkan jumlah pasien rawat jalan dan rawat inap, serta kualitas pelayanan dalam satu minggu menjabat.

Salah satu program yang telah berhasil diselesaikannya adalah, meningkatkan promosi RS.Sumber Hidup GPM, dan meningkatkan kerja sama dengan Dokter Spesialis, sehingga jumlah Pasien yang ditangani oleh Dokter Ahli meningkat secara signifikan.

” Salah satu tugas yang sudah Saya selesaikan adalah, lebih fokus pada promosi Rumah Sakit dan meningkatkan kunjungan Pasien, baik rawat inap maupun rawat jalan, dengan melakukan kesepakatan baru dengan Dokter Spesialis. Dengan cara ini diharapkan, jumlah Pasien yang ditangani oleh Dokter Ahli pada bidangnya di RS.Sumber Hidup GPM juga meningkat, ” ujar ASN Dinas Kesehatan Kota Ambon, Dokter Ivan Abednego, kepada awak media di ruang kerja RS.Sumber Hidup GPM Ambon, Selasa (18/4/23).

Dokter Ivan juga telah melakukan inovasi, dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit dengan Program “Pelayanan Kasih”. Melalui program ini, setiap pagi perawat memberikan layanan mandi untuk Pasien yang dirawat, terutama untuk Pasien dengan keterbatasan seperti Pasien Stroke, Pasien setelah Operasi dan lain-lain. Dokter Ivan juga menjalin kerja sama dengan BPJS dan MPH Sinode, untuk mempromosikan layanan Rumah Sakit melalui spanduk dan warta Gereja setiap hari Minggu.

” RS.Sumber Hidup GPM pernah putus hubungan dengan BPJS, namun sekarang sudah bekerja sama lagi sejak Februari. Kita melakukan promosi kesehatan dengan spanduk ajakan, dan bekerja sama dengan MPH sinode untuk informasi lewat warta Gereja setiap Minggu. Harapannya, ada peningkatan kunjungan Pasien dan kepercayaan masyarakat Kota Ambon dan Maluku terhadap pelayanan yang maksimal dari Rumah Sakit,” tuturnya.

Ivan mengatakan bahwa RS. Sumber Hidup GPM akan fokus pada Pelayanan Kasih, RS tersebut adalah tipe D dengan 4 Spesialis Dasar dan fasilitas medis lengkap termasuk NICU, ICU, dan laboratorium dengan berbagai jenis pemeriksaan, termasuk HbA1c untuk diabetes.

” Jadi Kedepannya, fokus Kita adalah mengembalikan kepercayaan masyarakat Ambon dan Maluku terhadap pelayanan maksimal dari RS. Sumber Hidup GPM  dengan Pelayanan Kasih. RS ini termasuk tipe rumah sakit tipe D yang harus memiliki 4 (empat) Spesialis Dasar yaitu Dokter Spesialis Kandungan, Penyakit Dalam, Anak, dan Bedah serta alat bantu diagnosis dan fasilitas penunjang medis. Saat ini, semua Spesialis dan alat-alat sudah tersedia termasuk ruang perawatan khusus Anak NICU dan ICU, serta laboratorium yang lengkap dengan berbagai jenis pemeriksaan seperti darah lengkap, kimia darah, elektrolit, dan bahkan pemeriksaan khusus untuk orang diabetes seperti HbA1c yang akan disiapkan,” tutur Dokter Ivan.

Dr. Ivan juga menambahkan bahwa, saat ini pihaknya tengah berpacu dalam proses pembangunan gedung baru RS. Sumber Hidup GPM yang akan dicanangkan dengan 4 lantai, dengan target jumlah tempat tidur yang lebih banyak. Dengan upaya ini, diharapkan rumah sakit GPM akan naik tipe dan meningkatkan sarana prasarana serta Dokter spesialis yang dibutuhkan, ucapnya.

” Kita sedang membangun gedung baru 4 lantai di sebelah kiri Rumah Sakit. Saat ini Kita berada di tipe D dengan sekitar 50 tempat tidur. Kedepan RS. Sumber Hidup GPM akan naik tipe dengan jumlah tempat tidur yang lebih banyak, Jika naik ke tipe C atau B dengan lebih dari 100 tempat tidur, Kita akan melengkapi sarana prasarana termasuk CT Scan, dan menambah Dokter Spesialis seperti Bedah Tulang, Bedah Syaraf, dan lainnya,” pungkasnya.

Dokter Ivan akui, peningkatan Pasien rawat inap RS. Sumber Hidup GPM setelah promosi melalui spanduk, Gereja, dan BPJS dalam seminggu. Rata-rata Pasien 10 orang, kini lebih dari 38 orang. Sebagai Plt, Ivan targetkan 300-400 Pasien rawat inap per bulan.

” Selama satu minggu menjabat, jumlah Pasien rawat inap meningkat setelah promosi RS. Sumber Hidup GPM melalui spanduk dan Gereja serta keaktifan layanan BPJS. Sebelumnya, rata-rata hanya 10 orang, namun sekarang sudah mencapai lebih dari 38 orang dalam satu minggu. Saya menargetkan jumlah pasien rawat inap sebanyak 300-400 orang per bulan,” harapnya.

Dalam waktu yang relatif singkat, hasil dari program inovatif yang telah diimplementasikan oleh Dokter Ivan Abednego terlihat dengan jelas. Hal ini membuktikan komitmennya, dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat kota Ambon dan Maluku. Dokter Ivan telah berhasil melaksanakan berbagai program inovatif, yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60