Hadiri Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Idul Fitri 1444 H, Ini Pesan Pangdam

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H, Tahun 2023 di Mapolda Maluku, Rabu (12/04/2023).

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif S.H., M.Hum., saat membuka Rakor tersebut mengatakan, kegiatan rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut rapat di Mabes Polri pada tanggal 6 April 2023, serta merupakan wujud kesiapan Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan instansi terkait dalam melayani Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023. Rapat bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan Instansi terkait, dalam upaya pelayanan perlindungan terhadap masyarakat sehingga tercipta situasi yang kondusif dan keterbukaan informasi, terkait kegiatan Operasi Ketupat Tahun 2023.

“Saya ucapkan terimakasih atas sinergitas yang terjalin dengan baik, atas kerjasama Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan Instansi terkait. Polri akan melakukan kegiatan Operasi Pengamanan Idul Fitri secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 18 hingga 1 Mei 2023.” ujar Kapolda.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan, rapat koordinasi lintas sektoral ini merupakan tahapan penting untuk memastikan TNI-Polri dan Instansi terkait, bahwa benar-benar telah siap dalam segi kekuatan personil, maupuan sarana dan prasarana dalam pengamanan hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, “Saya sampaikan kepada TNI-Polri beserta Instansi terkait, agar dapat mengedepankan tindakan persuasif dan antisipatif di lapangan. Pemda Maluku akan selalu membantu dalam setiap kegiatan, dalam upaya penanganan di titik-titik kerawanan atau daerah potensi konflik. Kita jadikan masyarakat sebagai mitra Polri/Aparat agar Maluku selalu aman dan damai.” kata Gubernur.

Pangdam yang saat itu hadir dalam rapat tersebut juga turut menyampaikan bahwa sebagai aparat Pemerintah, disinilah kesempatan untuk mengantarkan masyarakat agar bisa melaksanakan ibadah dengan tertib, aman dan nyaman, “Untuk itu, mari kita jaga solidaritas, sinergritas TNI/Polri dengan aparat Pemeritah lainnya, serta saling komunikasi dan kordinasi sehingga siapapun yang ditugaskan di lapangan dari masing-masing instansinya sudah satu persepsi dan satu tindakan.” kata Pangdam

Kegiatan rapat ini dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya, Sekda Maluku, Kabinda Maluku, Kajati Maluku, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura, Forkompimda Provinsi Maluku, PJU Kodam XVI/Pattimura, PJU Polda Maluku, Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Maluku serta dihadiri secara virtual oleh Walikota Ambon para Dandim, Kapolres dan Bupati se-Maluku.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60