Lantik 203 Prajurit Tamtama, Pangdam Pattimura : Menjadi Prajurit Adalah Kebanggaan dan Kehormatan

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id,Ambon – Menjadi prajurit merupakan kebanggaan dan kehormatan karena, memikul tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkari negara. Namun, dengan kebanggaan dan kehormatan tersebut, seorang prajurit senantiasa terikat oleh aturan hukum yang berlaku baik sebagai warga negara secara umum maupun aturan hukum bagi prajurit TNI.

Hal tersebut dikatakan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa saat memimpin kegiatan upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang II TA. 2022 (OV), bertempat di Makorindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kec Salahutu, Kab Malteng, Jumat (14/04/2023).

Setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih 5 Bulan di Rindam XVI/Pattimura, 203 mantan Prajurit Siswa Sekolah Calon Tamtama (Secata) TNI-AD mengikuti pelantikan dan pengambilan Sumpah dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel II TA 2021 OV TA 2022, yang dipimpin Pangdam XVI/Pattimura, dan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Dansecata Rindam XVI/Pattimura Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo.

Dalam amanatnya, Pangdam mengucapkan selamat kepada mantan Prajurit Siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga dilantik sebagai Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua.

Lanjut dikatakan Pangdam, meskipun pendidikan pertama ini sudah selesai, bukan berarti telah selesai pula tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan belajar dan berlatih, namun masih ada pendidikan lanjutan, yang harus ditempuh oleh mantan prajurit siswa, di Pusdik sesuai kecabangan masing-masing.

“Tanamkan pada diri kalian bahwa budaya belajar dan berlatih merupakan kebutuhan, sehingga kalian akan selalu merasa perlu untuk terus belajar, guna meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri agar menjadi prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas sesuai postur prajurit TNI AD yang diharapkan”, pesan Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam menekankan kepada seluruh mantan Prajurit Siswa untuk selalu bertekad
tidak melakukan pelanggaran hukum dan norma yang berlaku, memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada para prajurit yang berprestasi pada bidang masing-masing. Adapun nama-nama siswa yang berprestasi, dalam pendidikan kali ini di antaranya, Juara Umum dan bidang Akademik diraih atas nama Prada Saldin Muaz asal Subpanda Ternate, Juara Bidang Jasmani diraih oleh Prada Anton Jakaria asal Subpanda Ternate, Juara Bidang Sikap/Perilaku diraih oleh Nico R Herlambang asal Subpanda Ambon.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60