TMMD Kembali Digelar di Wilayah Kodim Tual dan Kodim Weda

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., memimpin rapat dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-116 TA. 2023 bertempat di ruang Yudha, Lantai 3 Makodam XVI/Pattimura, Rabu (19/04/2023).

TMMD kali ini akan dimulai pada tanggal 10 Mei hingga 8 Juni 2023, dan dilaksanakan di dua wilayah yaitu, wilayah Kodim 1503/Tual di Desa Ngurdu Kec. Kei Besar Kab. Maluku Tenggara dengan sasaran fisik pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 8 Unit dan sasaran nonfisik berupa, penyuluhan tentang Kamtibmas, Kerukunan umat beragama, Wawasan kebangsaan dan Bela Negara, Kelautan dan perikanan, KB kesehatan dan Tentang Stunting. Dengan jumlah personil Satgas sebanyak 260 orang

Sedangkan di wilayah Kodim 1512/Weda ada tiga Desa, yaitu Desa Yesowo dan Desa Baka Jaya Kec. Patani serta Desa Blifitu Kec. Patani Utara Kab. Halmahera Tengah dengan sasaran fisik pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 30 Unit, pembangunan Pasar satu sasar, Penimbunan bahu jalan satu sasaran, pembangunan MCK di sekolah SD satu sasaran dan rehab tempat wudhu Masjid satu sasaran. Untuk sasaran nonfisik berupa, penyuluhan Bela negara, Wawasan kebangsaan, Kesehatan, Pertanian, Narkoba, KB kesehatan dan Stunting, Bahaya teroris dan radikalisme dan Pengobatan masal. Dengan jumlah personil satgas sebanyak 150 orang

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan, TMMD merupakan salah satu wujud operasi Bakti TNI sebagai program terpadu Binter Sektoral antara TNI dengan lembaga Pemerintah, Non Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan daerah pedesaan.

Untuk itu dalam pelaksanaannya, agar mengoptimalkan pengerahan massa, guna memupuk semangat gotong-royong untuk meningkatkan rasa Persatuan dan Kesatuan bangsa dengan melibatkan TNI AL, TNI AU, Polri, Keluarga Besar TNI, Mahasiswa dan Ormas, serta seluruh komponen masyarakat yang ada di daerah.

Selain itu Pangdam juga menyampaikan, agar Anggota Satgas tinggal di rumah rakyat dan ULP dimasak serta dimakan bersama dengan rakyat yang rumahnya ditempati oleh Anggota Satgas, sehingga dapat mewujudkan kemanunggalan dan kebersamaan, serta rasa kekeluargaan antara TNI dan rakyat ” usahakan tidur, masak itu di rumah masyarakat supaya ada rasa kebersamaan antara kita TNI dengan rakyat” Tutur Pangdam

Diakhir sambutannya Pangdam menekankan untuk selalu menjaga nama baik TNI dengan memedomani 8 Wajib TNI sehingga bisa terhindar dari berbagai macam pelanggaran serta dapat mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Kegiatan rapat tersebut dihadiri secara tatap muka oleh, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syepul Mukti Ginanjar, para Pamen Ahli Pangdam XVI/Pattimura, para Asinten Kasdam, para Dansat dan Kabalakdam XVI/Pattimura yang ada di wilayah Ambon, juga turut dihadiri secara virtual oleh Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP, Para Dansat yang ada di luar pulau Ambon baik Maluku maupun Maluku Utara dan beberapa pejabat sipil terkait yang ada di wilayah Maluku Tenggara dan Halmahera Tengah.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60