Ditpolairud Polda Maluku Gelar Program “Polmas Basudara Manise” Hadapi Perubahan Cuaca Ekstrim

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku terus berupaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran di perairan Maluku dalam menghadapi perubahan cuaca ekstrim belakangan ini. Dalam rangka itu, mereka meluncurkan program “Polmas Basudara Manise” sebagai salah satu upaya mitigasi. di Ambon, Senin(15/05/23).

Kombes Pol Handoyo Santoso, Direktur Polairud Polda Maluku, mengatakan, Personil Ditpolairud Polda Maluku yang bertugas di pos sandar dan pelabuhan rakyat di Wilayah Perairan Maluku tidak hanya melakukan tugas pengamanan semata, tetapi juga diwajibkan untuk melakukan inovasi-inovasi sesuai perkembangan situasi dan kondisi di wilayah tugas masing-masing.

” Perubahan cuaca yang semakin tidak menentu dan kadang ekstrim di perairan Maluku mendorong personil Ditpolairud untuk lebih tanggap. Salah satu program inovatif yang ditekankan sebagai penjabaran dari kebijakan Kapolda Maluku adalah “Polmas Basudara Manise”. Program ini dilaksanakan di beberapa pelabuhan di Maluku dan melibatkan nelayan dan pengguna jasa transportasi laut,” jelasnya.

Dalam program Polmas Basudara Manise, Ditpolairud Maluku mengajak nelayan dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran di lingkungan kerja dan masyarakat. Mereka juga memberikan perhatian pada keselamatan diri dan penumpang saat berlayar, memperhatikan kondisi kapal dan jumlah penumpang sebelum berlayar, serta memberikan dukungan kepada masyarakat nelayan kecil untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Selain program Polmas Basudara Manise, Ditpolairud Polda Maluku juga melaksanakan berbagai kegiatan pelayanan prima, pengawasan bongkar muat, dan pengawasan pelabuhan sebagai bentuk perlindungan, pelayanan, dan pengayoman terhadap masyarakat. Dengan upaya ini, Ditpolairud berharap dapat menghadapi perubahan cuaca ekstrim dan menjaga keamanan di perairan Maluku.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60