Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Maluku: Pengawasan dan Solusi untuk SBB

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Komisi I DPRD Provinsi Maluku melakukan kunjungan kerja ke Seram Bagian Barat (SBB), dengan tujuan untuk melaksanakan fungsi pengawasannya.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra, S.Pi, M.Si, mengungkapkan bahwa, kunjungan ini membahas beberapa isu penting terkait Keamanan, Persiapan Pilkada dan Pemilu serentak tahun 2024, status Dusun Sahawai Negeri Loki, Pemekaran Desa dan Dusun, serta Kerjasama Anggaran.

“Salah satu perhatian utama adalah kondisi keamanan di SBB. Maluku belakangan ini mengalami konflik sosial yang melibatkan masyarakat secara umum. Komisi I meminta tanggapan dari Kapolres dan Dandim, terkait langkah-langkah yang telah diambil untuk menangani masalah ini. Persiapan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu serentak pada tahun 2024 juga menjadi fokus pembahasan,” ujarnya di ruang rapat Kantor Bupati SBB, Jumat(26/5/23).

“Selain itu, kesiapan Pemerintah Daerah, KPU, dan Bawaslu terkait pelaksanaan Pilkada dan Pemilu juga diperhatikan. Terutama dalam hal jaringan internet, karena era digital saat ini membutuhkan proses pelaporan dan tahapan yang terkait dengan teknologi informasi dan jaringan internet. Persoalan terkait status Dusun Sahawai Negeri Loki yang telah diakui sejak tahun 2007 juga dibahas,” tutur Rumra.

Pembahasan selanjutnya mencakup persiapan pemekaran Desa dan Dusun sebagai respons terhadap kondisi yang ada. Komisi I DPRD Maluku mengusulkan pembentukan dua daerah baru di SBB yang telah didiskusikan dengan pihak terkait. Pembahasan juga melibatkan Bupati dalam upaya mencari langkah-langkah terbaik yang meliputi penganggaran Pilkada. Kerjasama anggaran diharapkan terjalin dengan baik, imbuhnya.

Amir Rumra menjelaskan bahwa, Komisi I DPRD Maluku merupakan mitra Pemerintah dalam hal keamanan, informasi, dan komunikasi. Ia berharap, langkah-langkah yang telah dibahas dapat segera dilaksanakan, terutama dalam menjaga kondisi sosial, agar tidak memicu konflik horizontal di masa Pilkada serentak mendatang. Ia juga berharap, pihak Kepolisian dan TNI dapat bersiap dan melakukan deteksi situasi dengan baik, untuk mencegah konflik di Kabupaten SBB maupun Nasional.

” Kunjungan kerja Komisi I DPRD Maluku ke Seram Bagian Barat merupakan, bagian dari upaya rutin dalam menjalankan fungsi pengawasan untuk menjaga stabilitas dan keamanan daerah. Diharapkan, kunjungan ini dapat menemukan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi,” ungkap Amir Rumra.

Diketahui, Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat SBB, yakni Sekda SBB Leverne Alvin Tuasun, Perwakilan Dandim 1513/SBB, Kabag Logistek Polres SBB, La Ode Amaludin, Kadisdukcapil D.J De Fretes, Kepala BKDSDM G.Pesireron, Kadis Kominfo M.Yusuf Hatala, Kabag Pemerintahan Vitra Van Harling, Kadis Pemdes R.Lisapaly, Kabag Hukum SBB Dani Soukotta, Asisten I Setda SBB Suleman Kibas, Kepala Kesbangpol H.S.Patty dan unsur terkait.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60