Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Mudik Lebaran Tahun Ini, Menurut Survei Indikator

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Indikator menunjukkan bahwa, tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan penelitian utama Burhanuddin Muhtadi, pada Minggu(14/5/23) mengatakan bahwa, tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan mudik tahun ini mencapai 78 persen, meningkat 5 persen dari tahun 2022 yang hanya sebesar 73 persen.

Lebih menariknya, kelompok warga yang melakukan mudik memberikan tingkat kepuasan yang lebih tinggi, mencapai 89,5 persen. Mayoritas responden juga menyatakan setuju bahwa arus mudik tahun ini lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam survei tersebut, fasilitas dan layanan selama mudik juga mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat, terutama dalam pengaturan lalu lintas yang menjadi tugas Polri. Warga memberikan pujian terhadap pengaturan lalu lintas dengan tingkat kepuasan mencapai 81,8 persen selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kebijakan Polri seperti one way dan contra flow dalam mengatur kelancaran arus mudik dan balik juga mendapatkan dukungan yang tinggi dari warga. Sebanyak 74,3 persen responden setuju dengan kebijakan tersebut, sedangkan kelompok warga yang mudik mencapai 82,2 persen.

Respons positif juga diberikan kepada kinerja polisi lalu lintas (polantas) yang berperilaku ramah dan komunikatif selama penyelenggaraan mudik dan balik. Dalam survei ini, 77,3 persen responden menyatakan bahwa polantas bersikap ramah, sedangkan untuk kelompok yang mudik mencapai 83,8 persen. Selain itu, sebanyak 72,5 persen responden menyebut polantas bersikap komunikatif, dengan angka yang lebih tinggi yaitu 78,6 persen dari kelompok yang mudik.

Survei ini melibatkan warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas yang memiliki telepon atau cellphone. Metode pemilihan sampel menggunakan teknik random digit dialing (RDD) dengan 1218 responden yang dipilih secara acak. Margin of Error survei diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pewawancara yang dilatih melakukan wawancara melalui telepon dengan responden yang dipilih.

Hasil survei ini memberikan gambaran positif mengenai penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini, yang memberikan kepuasan kepada masyarakat dan menunjukkan adanya peningkatan dalam pengaturan lalu lintas serta pelayanan dari polantas.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60