Pangdam Pattimura Jadi Upulatu Pada Upacara Peringatan Ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Pada Upacara Peringatan HUT Ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Pangdam XVI/Pattimura, memimpin sebagai Pemimpin Upacara atau Upulatu. Acara tersebut dilaksanakan di Monumen Pattimura Park pada Senin (15/05/2023).

Letkol Inf Rudolf G. Paulus, Dandim 1513/SBB, bertugas sebagai Kapitan Upacara. Tema kegiatan ini adalah “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu Untuk Indonesia”. Hadir dalam upacara tersebut Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan OPD, Perwakilan ASN, TNI dan POLRI, serta Raja, Lurah, dan Kepala Desa.

Acara dimulai dengan pembacaan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura, diikuti dengan laporan dari Kapitan Upacara kepada Upulatu. Selanjutnya, lagu Pahlawan Pattimura dinyanyikan bersama. Upulatu memimpin dalam Peletakan Karangan Bunga dan mengheningkan cipta sebagai penghormatan kepada arwah Pahlawan, terutama Pahlawan Nasional asal Maluku yang diabadikan dalam pecahan uang Rp.1000.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Pangdam, Gubernur Maluku Irjen Pol Murad Ismail menyampaikan bahwa tema perayaan Hari Pattimura saat ini adalah “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu Untuk Indonesia”. Hal ini menunjukkan bahwa dengan meneladani para pahlawan, kita semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam membangun Bangsa dan Negara.

Gubernur mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang terus merawat dan menghidupkan semangat perjuangan Pattimura. Dia berharap perayaan HUT Pattimura ini dapat memotivasi kita untuk terus berbakti dan berkarya demi kemajuan Maluku dan Indonesia.

Gubernur memberikan pesan bahwa satu hal yang dapat dipetik dari sosok Pahlawan Pattimura adalah semangat perjuangan. Pattimura tidak pernah tunduk dan menyerah kepada penjajahan Belanda. Meskipun dihadapkan dengan tantangan yang berkelanjutan, dengan senjata tradisional seperti parang salawaku dan bambu runcing, didorong oleh semangat dan gairah perjuangan yang membara, Pattimura dan sesama pejuangnya terus maju tanpa mundur.

Hal ini menunjukkan bahwa semangat perjuangan dan patriotisme adalah kekuatan yang membawa kemenangan. Nilai-nilai perjuangan ini patut terus diperjuangkan, terutama oleh generasi muda sebagai penerus bangsa. Pattimura-Pattimura Muda harus bangkit dan terus berjuang untuk Maluku tercinta dan Indonesia Raya.

Acara ditutup dengan penampilan Paduan Suara Hotumese Choir dan grup musik ukulele SMA 5 Ambon yang membawakan lagu Indonesia Tanah Air Beta.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60