POLAIRUD POLDA MALUKU Lakukan Upaya Mitigasi Laka Laut Hadapi Perubahan Cuaca Ekstrim

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Personel Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku, melakukan upaya mitigasi laka laut dengan menyambangi kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Rakyat Tahoku pada Jumat (5/5/2023). Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan himbauan kepada penumpang kapal, nahkoda, dan anak buah kapal (ABK) yang hendak berlayar, terutama dalam menghadapi perubahan cuaca ekstrim.

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol. Handoyo Santoso, menekankan pentingnya penggunaan alat keselamatan seperti pelampung dan perlengkapan keselamatan lainnya di kapal.

“Jaga keselamatan saat berlayar, selalu menggunakan life jacket yang sudah tersedia. Jangan memaksakan diri untuk berlayar dalam cuaca buruk dan perhatikan kapasitas penumpang agar tidak terjadi over kapasitas, dengan mematuhi aturan dan himbauan ini, keselamatan diri dan keluarga akan terjaga. Kami akan terus melakukan patroli laut untuk mengantisipasi kejadian laka laut, dengan melibatkan personel Ditpolairud dan Polairud Polres di wilayah jajaran.” kata Handoyo.

Selain itu, Handoyo juga menyampaikan bahwa, personel Ditpolairud Polda Maluku bekerja sama dengan personel BKO Armed 1 Kostrad dan Remaja Mesjid melakukan kegiatan Bhakti Sosial. Mereka membersihkan tempat ibadah di Masjid Al-Muttaqin, Dusun Waikepy, Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Upaya ini menunjukkan komitmen untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya di perairan, tetapi juga dalam kegiatan sosial di darat.

” Dengan langkah-langkah mitigasi yang diambil diharapkan, risiko kecelakaan laut akibat perubahan cuaca ekstrim dapat diminimalisir. Kesadaran akan keselamatan laut dan kesiagaan dalam menghadapi cuaca buruk menjadi faktor penting untuk menjaga keamanan selama berlayar,” tutup Handoyo.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60