Polda Maluku Menyelesaikan Tahap I Seleksi Bintara Polri 2023 dengan Ketat dan Transparan

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Polda Maluku telah menyelesaikan tahap I pemeriksaan kesehatan (Rikkes) dalam seleksi penerimaan Bintara Polri tahun 2023, pada Kamis(11/5/23). Dari total 3011 calon siswa (casis) yang mendaftar, sebanyak 1300 orang dinyatakan lulus atau memenuhi syarat, untuk melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, menyampaikan bahwa, animo masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Polri di Maluku sangat tinggi, dan seleksi yang dilakukan menggunakan sistem yang sangat ketat. Proses seleksi Bintara Polri 2023 di Polda Maluku melibatkan pengawasan yang ketat dari tim internal dan eksternal. Pada tahap Rikmin, tim eksternal dari berbagai lembaga seperti LLDIKTI Wilayah XII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon terlibat dalam pengawasan pemeriksaan administrasi. Sedangkan pada tahap Rikkes tahap I, pengawasan melibatkan Ombudsman Perwakilan Maluku, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ambon, Himpunan Psikologi (HIMPSI) Maluku, LSM Mafindo, media, dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku. Sistem seleksi ini dirancang tanpa memberitahukan jadwal pemeriksaan sebelumnya kepada para casis, dengan tujuan untuk menghindari praktek kolusi dan meminimalisir kecurangan.

Penerapan sistem yang sangat ketat dalam seleksi ini termasuk pengambilan handphone casis sebelum pemeriksaan dan penggunaan nomor coding untuk menjaga keamanan dan mencegah kontak dengan pihak luar. Proses seleksi yang dilakukan secara transparan dan akuntabel bertujuan untuk memastikan integritas dan kualitas para calon anggota Polri. Kapolda Maluku menekankan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis (BETAH) dalam proses seleksi, sambil mengimbau kepada para casis dan orang tua/wali untuk tidak terlibat dalam kecurangan atau praktek suap. Apabila terdapat kecurangan atau kolusi antara panitia, casis, atau orang tua, tindakan tegas akan diambil sesuai dengan hukum yang berlaku, seperti pencopotan anggota panitia yang terlibat dan pengguguran peserta yang melanggar aturan.

Seleksi penerimaan Bintara Polri tahun 2023 di Polda Maluku terus berlanjut dengan tahapan seleksi berikutnya setelah 1300 casis dinyatakan memenuhi syarat. Proses seleksi yang ketat dan diawasi dengan baik diharapkan dapat menghasilkan calon anggota Polri yang berkualitas dan memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas kepolisian.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60