Syarif Hidayat, Kadis PMD Maluku, Memaksimalkan Program Satu Desa Satu Binaan di 45 Desa, untuk Mengurangi Kemiskinan

banner 468x60

Loading

PatroliNews Id, Maluku – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Syarif Hidayat, SE.,M.Si., dalam wawancaranya di ruang kerjanya pada Jumat, 19 Mei 2023, menyampaikan bahwa, terkait ” Program Satu Desa Satu Binaan”, akan diadakan rapat ulang untuk lebih memfokuskan pada desa-desa yang memang harus diprioritaskan. Hampir semua dari 45 desa terlihat memiliki penduduk miskin dan ada juga termasuk kategori desa berkembang , Namun, tetap diprioritaskan 14 desa yang sangat tertinggal dan tertinggal, ujarnya.

” Jadi, dari 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kita telah menyebarluaskan program tersebut di 45 desa. Dalam satu bulan ke depan, akan dilihat kemajuan yang telah dicapai, permasalahan yang muncul, kebutuhan yang ada, dan solusi yang akan dilakukan,” tuturnya.

Dalam rapat Rabu (17/5/23), di lantai 6 Kantor Gubernur, Sekda Maluku menekankan, pentingnya melihat anggaran OPD dalam program desa binaan. Jika ada OPD tanpa program untuk 45 desa tersebut, pergeseran program diperlukan agar dapat termasuk di dalamnya. Terdapat 14 OPD yang telah menganggarkan program intervensi untuk daerah-daerah kemiskinan, namun tidak semua desa dalam 45 desa tersebut memiliki anggaran kegiatan, jelas Syarif.

” Koordinasi dan kerjasama Dinas/instansi terkait, memastikan masalah yang tak berhubungan langsung terkoordinasi. Sekda sebagai Koordinator dipimpin Ketua TGPP Hadi Basalamah; Wakil Ketua, Kepala Bappeda; Sekretaris, Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku, dalam Program Satu Desa Satu Binaan. Desa binaan diberdayakan anggaran dan kegiatan yang sesuai dan kerjasama dengan Kabupaten/Kota. Harapannya, di Maluku, kemiskinan diturunkan dari peringkat 4 di Indonesia, dan sesuai arahan Gubernur Maluku, Murad Ismail (SK Gubernur Maluku No.90/2023), program dimaksimalkan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Provinsi Maluku,” ucap Kadis PMD.

Diketahui 45 Desa, Satu OPD Satu Desa Binaan Provinsi Maluku, antara lain:

@Malteng yakni, Tamilouw-Dinas PUPR; MAMALA-Biro Administrasi Pembangunan &PBJ); Tial- Biro Organisasi; Tengah-Tengah-RSUD Unarella; Kaitetu-Satpol PP; Seith-Biro Adpim.

@Maluku Tenggara yakni, Dian Darat-Dinas Kominfo; Denwet-Dinas P3A; Mastur-Dinas ESDM; Ohoibadar-Inspektorat; Letwuan-Sekretariat DPRD.

@KKT yakni, Matakus-Dinas Pariwisata; Bomaki-Dinas Kehutanan; Wowonda-Dinas Perindag; Makatian-Badan Kesbangpol.

@Kabupaten Buru yakni, Waeperang-Dinas PMD; Namsina-Biro Pemerintahan dan Otda; Waemiting-BKD; Lamahang-Bapenda.

@Kabupaten Bursel yakni, Eifule-Dinas KUKM; Wali-Disperkim; Waefual-Biro Kesra; Tikbary-Biro Hukum.

@Kabupaten Kepulauan Aru yakni, Mariasi-Dinas Perhubungan; Benjina-DKP; Tunguwatu-BPKAD; Wokam-Bapedda; Jabulengah-Disdikbud.

@Kabupaten SBB yakni, Uraur-Dinas Ketahanan Pangan; Lohiatala-RSKD; Hualoy-Biro Umum; Seriholo-Dinas Perpustakaan & Kearsipan; Nuruwe-DPMPTSP.

@Kabupaten SBT yakni, Kilwaru-RSUD Haulussy; Kilfura-Biro Ekonomi; Fattola-Dinkes; Kilga Watunau-Disdukcapil; Rumkafar-DLH; Waru-Dinas Pertanian.

@MBD yakni, Tounwawan-Dinsos; Nouwewang-BPBDD; Werwaru-Disnaker; Patti-BPSDM; Batumiau-Badan Pengelola Perbatasan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60