Wakapolda Maluku Sambut Kunjungan Tim Kompolnas RI untuk Penelitian Pengawasan Internal Polri

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Markas Polda Maluku di Kota Ambon, Kamis(9/5/23) yang dipimpin oleh Komisoner Kompolnas Irjen Pol (Pur) Pudji Hartanto Iskandar, tim tersebut disambut hangat oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, beserta pejabat utama Polda Maluku. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan penelitian sistem pengawasan internal di lingkungan Polri, khususnya di Polda Maluku dan jajarannya, dengan tema “Antara Fakta dan Harapan di Polda Maluku”.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, yang diwakili oleh Wakapolda, menyampaikan bahwa Kompolnas memiliki fungsi pengawasan terhadap kinerja Polri. Fungsi tersebut bertujuan untuk memastikan profesionalisme dan kemandirian Polri melalui pemantauan dan penilaian terhadap kinerja anggota dan pejabat Polri. Kapolda meminta kerjasama dari seluruh unit kerja untuk memberikan jawaban dan data yang diminta oleh tim penelitian.

Wakapolda Maluku juga memaparkan situasi geografis Maluku secara umum dan potensi permasalahan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas. Ia menyatakan bahwa saat ini situasi Kamtibmas di wilayah Maluku dalam keadaan aman dan terkendali. Upaya pengawasan melekat dan berjenjang terus dilakukan, termasuk pengawasan rutin oleh Itwasda Maluku, untuk memastikan kegiatan kepolisian berjalan sesuai prosedur dan mekanisme serta menjaga nama baik institusi Polri.

Ketua tim Kompolnas, Pudji Hartono Iskandar, mengungkapkan bahwa mereka akan melakukan penelitian selama tiga hari di Polda Maluku. Ia berharap penelitian dapat berjalan lancar dan menegaskan pentingnya pengabdian dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pengabdian kepada keluarga, lingkungan, dan pelayanan kepada masyarakat. Iskandar juga berharap bahwa pelayanan Polda Maluku kepada masyarakat sejalan dengan julukan kota ini, yaitu “Ambon Manise”. Ia mengingatkan agar semua anggota Polri menghindari tindakan yang dapat merusak nama baik institusi, karena segala hal saat ini sudah transparan dan tidak dapat ditutup-tutupi.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60