Acara Sarasehan Kodam XVI/Pattimura: Mempertegas Identitas Melalui Pelurusan Sejarah

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Kodam XVI/Pattimura menggelar acara sarasehan sebagai upaya untuk meluruskan sejarah dan menghormati jasa para pendahulu. Acara ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan dan kontribusi nyata Kodam XVI/Pattimura dalam menjaga dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, secara resmi membuka kegiatan sarasehan yang berlangsung di Aula Makorem 151/Biniaya, Jalan Diponegoro, Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Selasa (27/6/23).

Hadir dalam acara tersebut beberapa sesepuh Maluku sebagai narasumber yang kompeten, antara lain Prof. Dr. Abidin Wakano (Ketua LPM IAIN Ambon dan Direktur Ambon Reconciliation and Meditation Center IAIN Ambon), Brigjen TNI (Purn) Karel Albert Ralahalu (Gubernur Maluku dua periode, 2003-2008 & 2008-2013), serta Kolonel CAJ (Purn) Thosye Tetelepta (Kabintaldam XVI/Pattimura Tahun 1999). Narasumber tersebut memaparkan sejarah pembentukan Kodam XVI/Pattimura, termasuk Kabintaljahradam XVI/Pattimura Kolonel Inf Sudung Hasiholan juga memberikan paparan sejarah Kodam Pattimura.

Dalam wawancaranya, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, menjelaskan bahwa, meskipun Kodam XVI/Pattimura baru berusia 24 tahun, pembentukannya telah dimulai sejak 1960 dengan Kodam 15/Pattimura. Kapoksahli menekankan pentingnya pelurusan sejarah ini sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pendahulu Kodam, yang pada saat itu merupakan Kodam 15/Pattimura.

“Sarasehan ini menjadi kesempatan untuk melakukan diskusi dan pembahasan terkait sejarah Kodam XVI/Pattimura, dengan tujuan menentukan sejarah Kodam berikutnya, termasuk penetapan hari lahir Kodam XVI/Pattimura yang sesuai dengan masa pengabdiannya kepada negara dan bangsa. Hasil pembahasan akan dilaporkan dalam rapat khusus ke Pusat, dan keputusan akhir akan ditentukan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat,” ujar Kapoksahli.

Acara sarasehan yang mengusung tema “Menghargai Sejarah, Menginspirasi Masa Depan” ditutup dengan pemberian cinderamata dari Kodam XVI/Pattimura kepada para narasumber dan moderator sarasehan, Mariska Muskitta, SE.M.Si.

Turut hadir dalam acara ini beberapa tokoh dan pejabat penting seperti Irdam XVI/Pattimura, Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura, Danlanud Pattimura, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, PJU Kodam XVI/Pattimura, Ketua Pepabri Provinsi Maluku, Ketua LVRI. Prov. Maluku, Ketua PPAD Prov. Maluku, Rektor Unpatti, Rektor IAIN Ambon, Kadis Dikbud Prov. Maluku, Kadis Dikbud Kota Ambon, Ketua Latupati Prov. Maluku, Ketua FKPPI, dan Ketua PPM.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60