Hujan Tak Mengalahkan Semangat Prajurit Kodam Pattimura dalam Menghormati Hari Lahir Pancasila

banner 468x60

Loading

PatroliNews Id,Maluku – Hari Lahir Pancasila, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Tanggal ini merujuk pada sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada 29 Mei 1945, di mana anggota BPUPKI membahas Dasar-Dasar Indonesia Merdeka. Sebagai generasi penerus bangsa, perlu bagi kita untuk memaknai Pancasila sebagai Dasar Negara dan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Kodam XVI/Pattimura menggelar upacara di Lapangan Upacara Makodam pada 1 Juni 2023. Meskipun diguyur hujan, semangat prajurit tidak surut dalam melaksanakan prosesi upacara tersebut. Inspektur Upacara Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Agung Pambudi, dan Komandan Upacara Letkol Czi Bhima Sena Sulistya memimpin upacara yang dihadiri oleh personel Kodam XVI/Pattimura.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S. E., M.M mengatakan bahwa, Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus dijaga dengan tekad yang kuat. Dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong yang dimiliki Pancasila, keberagaman di Nusantara dapat menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”. Tema ini mengingatkan pentingnya semangat gotong-royong dalam memajukan bangsa. Panglima TNI menekankan bahwa, permasalahan yang dihadapi bangsa dapat diatasi jika semua komponen bangsa bergotong-royong dan bersatu padu. Panglima TNI juga mengingatkan prajurit TNI untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

” Kepada seluruh prajurit TNI agar setia kepada NKRI dan menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Sinergi antara TNI, Polri, Kementerian, dan lembaga lainnya juga perlu terus dijaga. Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen yang berharga untuk merenungkan dan mengingat kembali pentingnya Pancasila sebagai fondasi bangsa Indonesia,” tutup Kasdam.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60