Kodam Pattimura Musnahkan Ribuan Amunisi Bahan Peledak Rusak Berat

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Kodam XVI/Pattimura telah berhasil memusnahkan ribuan butir amunisi bahan peledak (Muhandak) yang rusak berat. Kegiatan pemusnahan tersebut dilakukan di Kampung Banda, Desa Suli, Maluku Tengah, Kamis(8/6/23) dan dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada tanggal 8 hingga 9 Juni 2023. Total amunisi yang berhasil dimusnahkan mencapai 479.786 butir, terdiri dari Amunisi Kaliber Kecil (MKK) sebanyak 474.252 butir, Amunisi Kaliber Besar (MKB) 208 butir, dan Amunisi Khusus (Musus) sebanyak 5.326 butir.

Pemusnahan amunisi bahan peledak ini dilakukan dengan tujuan, agar amunisi yang rusak berat tidak jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arh Agung Sinaring M, menjelaskan bahwa, muhandak yang dimusnahkan merupakan inventaris TNI AD yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Dengan pemusnahan ini, Kodam Pattimura berupaya mencegah penyalahgunaan amunisi tersebut.

” Metode pemusnahan yang digunakan berbeda tergantung pada jenis amunisi. Amunisi Kaliber Kecil dimusnahkan melalui pembakaran, sedangkan Amunisi Kaliber Besar dan Amunisi Khusus dilakukan dengan metode peledakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan amunisi tersebut benar-benar tidak dapat digunakan dan mengurangi potensi bahaya yang bisa ditimbulkan jika jatuh ke tangan yang salah, ” tutur Kapendam.

Kegiatan pemusnahan amunisi ini dipimpin oleh Kapaldam XVI/Pattimura, Kolonel Cpl Antonius Hermawan S.T., M.M. Pemusnahan tersebut juga disaksikan oleh Pabanda Dokakum BTB Paban VII/BMN Slog TNI Mayor Caj Mulyadi.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60