Maluku Jadi Tuan Rumah Rakernas PPNI: Perawat Siap Berkarya untuk Kesehatan Indonesia

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Ambon, Provinsi Maluku, di The Natsepa Resort & Conference Center, pada Jumat (9/6/23). Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 500 perawat dari berbagai daerah di Indonesia dan Rakernas ini merupakan yang pertama kali digelar setelah Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2021 di Bali.

Menurut Ketua DPP PPNI, Harif Fadhillah, Pemilihan Maluku sebagai lokasi Rakernas memiliki tujuan untuk mewakili PPNI di wilayah timur. Ia juga mengungkapkan, kegembiraannya melihat antusiasme Perawat dari wilayah Barat yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Harif Fadhillah menekankan peran penting PPNI dalam membantu perawat menghadapi tantangan masa depan. PPNI bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perawat memiliki akses ke pendidikan dan pelatihan yang diperlukan guna meningkatkan kompetensi mereka. Selain itu, PPNI juga harus mendorong kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam bidang perawatan kesehatan.

Fadhillah juga menyatakan bahwa, PPNI harus memperjuangkan hak-hak perawat, seperti peningkatan upah, perlindungan hukum, dan kondisi kerja yang baik. Rakernas PPNI ini juga mencakup beberapa kegiatan, termasuk seminar tentang isu RUU Kesehatan Omnibus Law dan sidang-sidang pleno untuk membahas perkembangan organisasi DPP PPNI dan DPD PPNI di seluruh Indonesia.

” Rakernas ini memiliki beberapa tujuan, di antaranya adalah, merumuskan kebijakan organisasi, meningkatkan kompetensi profesional perawat, mempertajam visi dan misi PPNI, memperkuat jaringan dan kolaborasi antarperawat, serta mengadvokasi profesi perawat. Melalui pencapaian tujuan-tujuan ini, Rakernas PPNI berperan penting dalam pengembangan dan kemajuan profesi perawat serta pelayanan kesehatan di Indonesia,” ungkap Fadhillah.

Sementara itu, Asisten 3 Setda Maluku, Piterson Rangkoratat, membacakan sambutan Gubernur Murad Ismail dalam Rakernas PPNI, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PPNI atas pemilihan Kota Ambon sebagai tempat pelaksanaan acara ini, menunjukkan kepedulian PPNI terhadap pembangunan kesehatan di Provinsi Maluku. Gubernur berharap, Rakernas ini dapat merancang capaian kinerja fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat nasional dan daerah, serta memperlihatkan pencapaian yang telah ada, dan menentukan visi untuk masa depan, tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60