Masyarakat Nelayan dan Polairud Polda Maluku Satukan Langkah di Program ‘Basudara Manise’

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku gencar melakukan himbauan kepada masyarakat nelayan di pesisir pantai negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu(7/6/23).

Kegiatan ini dilakukan sebagai dukungan terhadap program “Basudara Manise” yang diimplementasikan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Lotharia Latif. Dir Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo, mengungkapkan hal ini.

” Dalam program “Basudara Manise”, dilakukan kegiatan “Duduk Bacarita” di pelabuhan Tulehu, Desa Tulehu. Personel KP. XVI – 2013 melaksanakan kegiatan sambang terhadap KM Jaya Mulia dan pengguna jasa transportasi laut, serta menjalankan kegiatan “Basudara Manise” dan memberikan himbauan dan pemahaman penting kepada operator speed dan pengguna jasa transportasi laut, yakni menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas agar tetap kondusif, dukungan dalam pemulihan ekonomi masyarakat serta penguatan usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan pemahaman tentang penggunaan alat keselamatan di atas kapal,” ujar Handoyo.

Dikatakannya, program ini tidak hanya dilaksanakan di Desa Tulehu, tetapi juga di Seram Utara, Pulau Kobi, Kabupaten Maluku Tengah oleh KP XVI – 2005. Program “Basudara Manise” ini dilaksanakan secara rutin dengan tujuan menjaga keamanan dan keselamatan di perairan, ungkap Handoyo.

Handoyo juga menekankan pentingnya kerjasama dari masyarakat agar semua informasi dan himbauan yang disampaikan dapat memberikan manfaat yang nyata dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perairan.

” Melalui program “Basudara Manise”, Polairud Polda Maluku berupaya aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah perairan. Himbauan dan pemahaman yang disampaikan kepada masyarakat nelayan dan pengguna jasa transportasi laut diharapkan, dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan dan keselamatan, serta mendukung pemulihan ekonomi masyarakat melalui penguatan usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan kerjasama yang baik antara Polairud dan masyarakat, diharapkan perairan di Maluku tetap aman dan kondusif bagi semua pihak,” tutup Handoyo.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60