Mendagri : Alokasi Dana Besar untuk Kemajuan Daerah Perbatasan Maluku

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Daerah Perbatasan Maluku, yakni; MBD, KKT, Kepulauan Aru, dan Maluku Tenggara, mendapat alokasi dana pembangunan signifikan sebesar Rp 760 miliar. Bappenas memberikan dukungan tersebut untuk mendorong kemajuan pembangunan di wilayah perbatasan tersebut.Hal ini dikatakan oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam konferensi pers, di Kantor Gubernur Maluku, Rabu(14/6/23).

” Program pembangunan perbatasan penting untuk pemerataan dan keadilan, serta membuat daerah perbatasan menjadi pusat ekonomi baru. Bappenas mengalokasikan Rp 7,7 triliun untuk wilayah perbatasan di seluruh Indonesia. Mekanisme pembangunan dua arah yang melibatkan partisipasi masyarakat setempat juga diutamakan sehingga perlu pengawasan dan evaluasi agar alokasi anggaran digunakan dengan tepat dan sesuai kepentingan daerah perbatasan,” ungkap Mendagri.

” Dana alokasi yang diberikan, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan dan memberi dampak positif bagi masyarakat perbatasan Maluku. Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian, termasuk Kementerian PUPR, akan digunakan untuk membangun infrastruktur penting seperti jalan, jembatan, dan landasan pacu di wilayah perbatasan. Pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan anggaran DAK untuk infrastruktur di daerah perbatasan, seperti yang terjadi di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, dengan dukungan anggaran DAK dari Kementerian Pusat dan APBD,” tutup Tito.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60