Pattimura Music Contest ‘Singing dan Keyboardist’ : Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kebanggaan Terhadap NKRI

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Kodam XVI/Pattimura menggelar Contest Singing dan Keyboardist atau Lomba Menyanyi dan Bermain Keyboard yang bertempat di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya pada Selasa (13/6/23).

Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan, serta kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Agung Pambudi, mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, hadir dan memberikan sambutan yang menjelaskan bahwa, lomba ini melibatkan Para Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura yang mengenakan pakaian adat Maluku dan pakaian adat daerah lainnya. Lagu yang dilombakan adalah, lagu wajib Maluku Tanah Pusaka dan lagu pilihan lainnya. Lomba ini merupakan upaya Kodam XVI/Pattimura dalam mengangkat kearifan lokal, terutama Ambon sebagai Kota Musik Dunia yang diakui oleh UNESCO sebagai Kota musik dalam daftar 66 Kota kreatif di dunia.

” Kegiatan ini menjadi ajang untuk mencari Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura, yang memiliki bakat dalam bernyanyi dan memainkan alat musik keyboard. Meskipun kemenangan merupakan harapan setiap Tim, namun sportivitas dan kebersamaan tetap menjadi nilai yang dijunjung tinggi. Lomba ini juga diharapkan, dapat memperkuat silaturahmi antarpartisipan, dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkompetisi secara sehat,” ujar Pangdam XVI/PTM.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, berharap agar Dewan Juri dapat memberikan penilaian yang obyektif, sehingga lomba ini dapat berjalan dengan lancar, dan menghasilkan pemenang yang benar-benar layak sebagai juara. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan, dapat meningkatkan semangat persatuan dan kebanggaan terhadap NKRI di kalangan Prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura serta menciptakan situasi yang aman, damai, sejahtera, dan kondusif di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Sementara itu, Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arh Agung Sinaring M, menjelaskan bahwa Kodam Pattimura mengadakan Pattimura Musik Kontest sebagai bagian dari peringatan Hari Lahir Pancasila. Lomba ini bertujuan, untuk mencari bakat-bakat Prajurit dan mendukung kearifan lokal Ambon sebagai “Ambon City of Music”. Melalui harmonisasi suara dan lagu, acara ini diharapkan dapat menjalin keberagaman, keharmonisan antara Prajurit Kodam Pattimura, masyarakat Ambon, Maluku, Maluku Utara dan saling bersinergi serta memperkuat persatuan dan kesatuan.

Dalam acara tersebut, terdapat 30 orang Peserta lomba, dengan Dewan Juri yang memiliki prestasi dan pengalaman mengesankan, yakni; Juri Ketua, Dece Matulapewa, adalah seorang musisi dan pegawai Taman Budaya Promal. Memiliki prestasi sebagai penulis lagu, pembuat aransemen, pelatih vocal grup, dan telah menjuarai berbagai lomba musik di tingkat lokal dan nasional. Juri lainnya, Thomas D. Huwae, adalah Dosen musik di IAKN Ambon dengan pengalaman sebagai pianis, arranger, dan pernah mewakili Indonesia dalam ajang musik internasional. Juri ketiga, Hendrik Ulorlo, adalah Anggota TNI AD yang memiliki pengalaman sebagai pembuat aransemen, pemain keyboard, dan vokalis. Sebelum acara dimulai, dewan juri melakukan pengecekan sound system dan alat musik. Tata tertib lomba meliputi pemanggilan peserta sesuai nomor urut undian dan penampilan lagu wajib “Maluku Tanah Pusaka” serta lagu bebas.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura dan Danrem 151/Binaiya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVI/Pattimura, Asrendam XVI/Pattimura, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Kabalak, dan Komandan Satuan Jajaran Kodam XVI/Pattimura. Selain itu, juga hadir para peserta lomba menyanyi dan bermain keyboard, beserta unsur terkait lainnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60