Polairud Polda Maluku Meningkatkan Minat Baca Anak melalui ‘Perpustakaan Apung’

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Polda Maluku telah mewujudkan salah satu ide kreatif Kapolda Maluku dengan membuat “Perpustakaan Apung” di atas armada KP.XVI-2003 untuk meningkatkan minat baca anak-anak.

Pada Jumat, 9 Juni 2023, sekitar 40 anak TK Kartika XIII-2 Kesdam Pattimura, didampingi oleh guru dan orang tua siswa, mengunjungi Perpustakaan Apung ini. Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso S.IK, M.Si, mengungkapkan bahwa, beberapa sekolah TK dan SD di Kota Ambon dan sekitarnya sebelumnya juga telah mengunjungi perpustakaan ini. Adapun Ide pembuatan Perpustakaan Apung ini berasal dari petunjuk Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum.

Handoyo menjelaskan bahwa, perpustakaan ini dianggap menarik dan efektif sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Perbedaan utamanya terletak pada lokasinya yang berada di atas kapal dengan pemandangan laut Teluk Ambon, memberikan suasana santai namun tetap memberikan pengalaman belajar kepada anak-anak tentang fasilitas di atas kapal yang sering digunakan untuk patroli menjaga keamanan perairan Maluku.

Kegiatan “Gemar Membaca” anak-anak TK Kartika XIII-2 Kesdam Pattimura ini diarahkan oleh personel crew KP.XVI-2003 dan Polwan Ditpolairud Polda Maluku. Selain membaca, mereka juga diajak berkeliling kapal dan diperkenalkan dengan sarana-prasarana yang digunakan dalam tugas patroli. Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari orang tua dan guru-guru anak-anak tersebut.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60