Polairud Polda Maluku Waspada Cuaca Ekstrim: Pengawasan dan Patroli Rutin Diperketat

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan laut di perairan Maluku, Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku meningkatkan kegiatan pengawasan dan patroli rutin, Kamis(1/5/23). Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap perubahan cuaca yang semakin ekstrim akhir-akhir ini. Pengawasan terhadap pelabuhan-pelabuhan penyeberangan dan patroli di wilayah perairan Maluku menjadi lebih ketat.

Menurut Direktur Polairud Polda Maluku, Kombespol Handoyo Santoso S.IK, M.Si, kegiatan pengawasan dan patroli rutin sudah menjadi protap bagi seluruh personil Ditpolairud. Namun, dengan kondisi perairan yang bergelombang dan angin kencang serta hujan lebat akhir-akhir ini, pengawasan semakin diperketat. Personil Ditpolairud melakukan pengawasan dan pengamanan di pelabuhan rakyat Tahoku serta memberikan himbauan kepada penumpang dan nelayan mengenai kapasitas muatan dan kelengkapan alat keselamatan, katanya.

Selain pengawasan di pelabuhan, personil Ditpolairud juga melakukan patroli dan pemantauan di perairan Maluku yang menjadi jalur penyeberangan speedboat maupun kapal tradisional. Beberapa lokasi yang menjadi fokus patroli adalah perairan Dusun Air Papaya, Dusun Pulau Tiga, dan Desa Zeith. Dalam patroli tersebut, personil melakukan pemeriksaan dokumen dan muatan pada kapal-kapal yang melintas. Meskipun tidak ditemukan pelanggaran, penting bagi ABK untuk tetap memperhatikan keselamatan dalam melakukan pelayaran.

Dengan adanya pengawasan dan patroli rutin ini, diharapkan, dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan di perairan Maluku. Tindakan ini merupakan langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut dan menjaga kelancaran transportasi laut di wilayah tersebut. Polairud Polda Maluku terus berkomitmen, untuk melindungi masyarakat serta memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan laut.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60