Prajurit Pattimura dan Dinas Lingkungan Hidup Bersinergi, Menebarkan Kebersihan di Pesisir Pantai

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Prajurit Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan personel Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pembersihan Pesisir (Coastal Clean Up) di kawasan bawah Jembatan Merah Putih (JMP) Desa Galala dan pesisir pantai Rumah Tiga, Sabtu (10/6/23). Kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia TA. 2023 yang bertemakan “Kurangi Polusi Sampah Plastik Untuk Bumi Yang Lebih Hijau.”

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan merupakan langkah yang diambil oleh Kodam IV/PTM untuk meningkatkan lingkungan hidup yang baik bagi masyarakat serta menciptakan lingkungan bebas sampah dan wabah penyakit.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta, mengungkapkan bahwa, polusi plastik merupakan ancaman nyata yang mengganggu ekosistem lingkungan dan makhluk hidup di seluruh dunia. Menurut proyeksi UNEP, pada tahun 2040, diperkirakan akan ada 29 juta ton plastik yang mencemari perairan dan ekosistemnya.

” Plastik merupakan bahan yang sulit terurai dalam waktu singkat, sehingga berdampak negatif bagi lingkungan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Coastal Clean Up menjadi salah satu upaya Pemerintah, para pemangku kepentingan, dan seluruh masyarakat untuk mengurangi penumpukan sampah plastik di lingkungan pesisir. Melalui kegiatan ini, Saya berharap target Pemerintah dalam mengurangi dan menangani sampah, khususnya sampah plastik, dapat tercapai secara maksimal,” ungkapnya.

Menyambut kegiatan pembersihan pantai ini, Kapendam XVI/Pattimura Letkol Arh Agung Sinaring M mengatakan bahwa, Kodam XVI/Pattimura selalu siap membantu Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. Kolaborasi antara Prajurit Pattimura dan Dinas Lingkungan Hidup ini merupakan bentuk konkret dari upaya bersama untuk menjaga kebersihan pesisir pantai dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi masyarakat.

“Kami, TNI, siap membantu pemerintah dalam hal apa pun untuk kesejahteraan. Termasuk dalam pembersihan pesisir pantai seperti saat ini,” tutup Kapendam.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60