Bapenda Maluku Luncurkan Kabaresi: Pembayaran Nontunai untuk Pariwisata

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku, DR. Djalalulin Salampessy, S.Pi., M.Si., mengungkapkan bahwa pada Senin, 24 Juli 2023, Bapenda Provinsi Maluku bersama Dinas Pariwisata dan Bank Maluku Malut telah meluncurkan kegiatan inovasi “Kabaresi.” Peluncuran ini berlangsung di Gong Perdamaian, Sirimau, Ambon.

” Kabaresi merupakan sistem pembayaran nontunai yang diterapkan pada seluruh objek pariwisata, terutama tiga objek utama yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, yakni pelabuhan di Latuhalat, Gong Perdamaian, dan pelabuhan di Pantai Liang, yang melibatkan kolaborasi antara Bank Maluku, Dinas Pariwisata, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Langkah digitalisasi ini diarahkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sistem pembayaran yang dikelola oleh Bapenda melalui Dinas Pariwisata. Proses digitalisasi ini juga memajukan Maluku sebagai provinsi yang termasuk dalam kategori provinsi digital. Rencananya, sistem pembayaran nontunai ini akan diperluas untuk melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang berhimpun atau dikoorinir oleh sistem dan mekanisme retribusi yang mendukung digitalisasi, ” tutur Salampessy saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya.

Selain peluncuran “Kabaresi”, kata Salampessy, upaya lain yang akan dilakukan adalah mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peningkatan PAD melalui sistem pembayaran digital ini.

” Dalam konteks ini, implementasi Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah juga akan diperluas untuk melibatkan objek-objek lain yang ada. Pemerintah juga akan berfokus pada sosialisasi penggunaan sistem pembayaran nontunai, terutama dalam membeli karcis atau berbelanja di objek pariwisata yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Maluku, yang dikoordinir oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Langkah selanjutnya adalah mendorong OPD lain seperti rumah sakit, dinas perikanan, dinas perhubungan, dan OPD lain yang melakukan aktifitas dan jasa untuk meningkatkan PAD melalui aspek retribusi di Provinsi Maluku,” tutup Salampessy.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60