DPRD Maluku Dorong Penggunaan Jembatan Bailey untuk Penanganan Awal Jembatan Kawanua yang Ambruk

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Jumat, 14 Juli 2023 DPRD Provinsi Maluku telah mengusulkan solusi cepat untuk penanganan awal jembatan Kawanua, yang menghubungkan ruas jalan nasional trans Seram Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, yang baru-baru ini mengalami ambruk. Usulan tersebut mencakup penggunaan jembatan Bailey, sebuah jembatan rangka baja pra-fabrikasi yang bersifat portabel. DPRD Maluku menyampaikan usulan ini setelah ambruknya dua bentangan jembatan Kawanua pada Senin, 10 Juli 2023.

Anggota Komisi III DPRD Maluku, Anos Yermias, mengungkapkan bahwa, pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) telah merespons usulan tersebut. Kepala BPJN Maluku, S. Bambang Widyarta, berjanji bahwa setelah air sungai surut, pemasangan jembatan Bailey akan langsung dilakukan. Usulan ini diambil sebagai langkah darurat untuk memulihkan konektivitas jalan nasional trans Seram Tehoru yang terputus akibat ambruknya jembatan Kawanua.

Selain usulan penggunaan jembatan Bailey, BPJN Maluku juga telah mengambil tindakan cepat dalam penanganan bencana di sejumlah ruas jalan dan jembatan di wilayah tersebut. Pergeseran pada jembatan Wai Tone di Waipia telah mendapatkan penanganan darurat, sehingga jalan penghubungan antara Kairatu, Kabupaten SBB, dan Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, kembali dapat dilewati oleh masyarakat. Pimpinan dan Komisi III DPRD Maluku mengapresiasi kesigapan BPJN dalam menangani situasi bencana banjir dan merespon dengan cepat, serta mengucapkan terima kasih atas upaya membantu masyarakat Maluku.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60