DR. Djalalulin Salampessy, Pj. Bupati Buru, Ikuti Pertemuan Strategis OJK dan TGPP untuk Tingkatkan Sektor Pertanian di Maluku

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Pejabat Bupati Buru, DR. Djalalulin Salampessy, S.Pi., M.Si., menghadiri acara strategis yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku di Kantor OJK provinsi Maluku, Karpan Ambon, Senin (24/7/23).

Pertemuan ini memiliki tujuan penting, yakni memberikan penguatan kepada para kepala Dinas dan Badan Pemerintah Provinsi Maluku untuk meningkatkan sektor pertanian dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan serta melibatkan pimpinan OPD unsur Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan se-Provinsi Maluku, ungkap Salampessy saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Dikatakan Salampessy, dalam pertemuan tersebut, beberapa hal vital disepakati sebagai langkah nyata untuk mencapai peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian di tingkat Kabupaten. Salah satu hal yang ditekankan adalah upaya dari Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya KUR yang dikelola oleh perbankan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi perkembangan sektor pertanian di wilayah tersebut.

Selain membahas aspek teknis dan langkah-langkah yang telah dilakukan, pertemuan ini juga membahas berbagai skema pendanaan perbankan untuk mendukung masyarakat di sektor pertanian. Berbagai langkah konkret telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Buru, seperti memberikan penguatan kepada para petani dan mendorong stakeholder untuk berperan aktif dalam menyusun sistem pasar. Selain itu, petani juga didorong agar dapat memanfaatkan KUR dengan baik, mengingat karakteristiknya yang rendah dalam memberikan kemudahan akses pembiayaan untuk pupuk, alsinta (alat serapan), sarana prasarana, paket produksi, serta pemeliharaan lahan, ujar Pejabat Bupati Buru.

” Pemerintah Kabupaten Buru telah mengadakan pertemuan rutin dengan para petani, sebagai bagian dari upaya mengingatkan mereka tentang pentingnya KUR dengan bunga murah. Diharapkan, langkah ini akan semakin memotivasi para petani untuk lebih aktif dalam usaha pertanian dan menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan. Dengan adanya kolaborasi yang sinergis antara OJK, TGPP Provinsi Maluku, dan Pemerintah Kabupaten Buru, diharapkan sektor pertanian di Kabupaten Buru akan terus maju dan memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat,” tutup Salampessy.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60