Kepala Bapenda Maluku Salampessy, Ungkap Sinergi Kolaborasi dalam Pertemuan Tim Samsat

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku, DR. Djalalulin Salampessy, S.Pi., M.Si., dalam wawancara dengan wartawan di ruang kerjanya, menyampaikan bahwa, pada hari Senin, 24 Juli 2023, Bapenda Provinsi Maluku menyelenggarakan Rapat Tim Samsat di Lantai 2 Hotel Kamari, Tanah tinggi Ambon. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Bapenda, Dirlantas Polda Maluku, Jasa Raharja, dan Bank Maluku Malut.

Dalam rapat tersebut, Salampessy menjelaskan bahwa, berbagai hal terkait evaluasi triwulan kedua tahun 2022, dari bulan April hingga Juni, telah dibahas. Beberapa topik yang dicakup dalam diskusi meliputi upaya sweeping kendaraan sesuai ketentuan yang berlaku, serta dorongan bagi Dirlantas untuk menyesuaikan dengan pola dan aturan yang ada. Jasa Raharja dan Bank Maluku Malut juga melaporkan sosialisasi terkait rencana Bapenda dalam rangka relaksasi pajak, termasuk penghapusan denda pajak kendaraan bermotor yang belum dibayar beberapa tahun lalu.

Salampessy juga menegaskan langkah ke depan terkait Samsat 1, yakni pengangkatan BPD untuk memastikan ketepatan masing-masing kewenangan institusi dalam jam yang ditentukan. Bank Maluku Malut juga mendorong pemanfaatan sistem pembayaran non-tunai untuk mendukung peningkatan pendapatan asli daerah, sementara Jasa Raharja mendukung sosialisasi sistem pembayaran yang lebih baik guna mencapai target peningkatan PAD.

Setelah kegiatan selesai, Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Maluku, Herman Haurissa, memberikan penjelasan dalam wawancara dengan awak media. Ia mendorong agar wajib pajak patuh dalam membayar pajak sebagai upaya mendukung pembangunan Provinsi Maluku. Haurissa menyambut baik adanya relaksasi pajak dari 26 Juni hingga 31 Agustus 2023, yang membebaskan denda PKB dan SB tahun-tahun sebelumnya namun tetap menerapkan pajak untuk tahun berjalan.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Indra Sandy Purnama Sakti, S.I.K., Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Maluku, berharap kegiatan seperti rapat pembina Samsat terus berjalan dan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Hal ini memungkinkan pihaknya menyampaikan analisis dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya serta merencanakan kegiatan selanjutnya secara bersama-sama. Sinergi kolaborasi yang terjalin dalam pertemuan Tim Samsat diharapkan, akan membawa manfaat bagi pembangunan di Provinsi Maluku.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60