Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Gelar Pembukaan Rapat Koordinasi Pendataan KUMKM 2023

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku dengan penuh semangat menggelar acara pembukaan “Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Tahun 2023 (PL-KUMKM 2023)” di Hotel Santika, lantai 5, pada Rabu (30/8/23), dimulai pukul 09.00 WIT.

Acara ini resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si, yang dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan rapat ini sebagai sarana untuk menyatukan persepsi, semangat, dan langkah dalam mengemban tugas di bidang statistik. Ia juga mengapresiasi jajaran BPS Provinsi Maluku yang selalu bekerja dengan semangat tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka, ujarnya.

Dalam sambutannya, Ir. Sadali Ie, M.Si, juga menekankan pentingnya karakteristik dan perkembangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) yang sangat dinamis. Ia menyatakan bahwa, berbagai kebijakan pemberdayaan KUMKM membutuhkan indikator-indikator makro dan data mikro “by name by address” untuk mendukung pembangunan Basis Data Tunggal Koperasi dan UMKM yang akurat dan komprehensif, ungkapnya.

Selain itu, sambutan Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaelapia, SE. M.Si, menggarisbawahi tujuan dari kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PL-KUMKM) tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan profil data Koperasi dan UMKM yang bergerak di berbagai aktivitas usaha, kecuali usaha pertanian. Periode pendataan lapangan PL-KUMKM 2023 akan dilakukan mulai 15 September hingga 14 Oktober 2023, dengan cakupan wilayah meliputi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kota Tual. Dengan kehadiran berbagai pihak,
rapat koordinasi ini menjadi panggung kolaborasi penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan KUMKM yang berkelanjutan, pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak kehadiran berbagai pihak yang terdiri dari Kadis Koperasi Provinsi Maluku, pimpinan OPD terkait di lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Akademisi, Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), narasumber Rakorda PL-KUMKM Provinsi Maluku, undangan dari berbagai dinas, instansi, perusahaan, dan lembaga di lingkup Provinsi Maluku, Kepala Bagian Umum dan Fungsional Ahli Madya BPS Provinsi Maluku, Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku, peserta Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2023, serta rekan-rekan panitia dan unsur terkait lainnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60