Bapenda Maluku Bersinergi dengan RSKD untuk Meningkatkan Pendapatan dan Layanan

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Maluku – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Maluku melanjutkan langkah strategisnya dengan melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Kejiwaan Daerah (RSKD) Provinsi Maluku. Kepala Bapenda Maluku, DR. Djalalulin Salampessy, S.Pi., M.Si., bersama timnya, disambut oleh Direktur RSKD, dr. Sherly Yakobus, SpKj, dan stafnya di Aula lantai 2 RSKD Nania Ambon pada Rabu (23/8/23) pukul 14.00 WIT.

Dalam kunjungan tersebut, DR. Djalalulin Salampessy menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya Bapenda Maluku untuk meningkatkan pendapatan dari sektor tertentu dengan berkolaborasi bersama RSKD sesuai target yang telah ditetapkan. Hingga Agustus 2023, pendapatan yang dihasilkan dari RSKD telah mencapai angka 7 miliar, melampaui target sebelumnya sebesar 4 miliar. Kepala Bapenda ini juga mengapresiasi kerjasama tersebut, khususnya dalam situasi tahun politik, di mana RSKD turut mendukung aktivitas tes MMPI bagi calon legislatif sebagai salah satu persyaratan pencalonan.

DR. Djalalulin Salampessy menegaskan bahwa kolaborasi yang telah terjalin antara Bapenda dan RSKD dalam pengembangan elektronikasi transaksi sudah berlangsung lama. Bapenda memiliki komitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan inovasi dalam sistem pembayaran non-tunai, yang juga sejalan dengan program kabaresi. Program kabaresi diakui sebagai langkah inovatif yang luar biasa, khususnya di wilayah Indonesia Timur seperti Maluku. Kunjungan ini menjadi bukti nyata upaya konkret Bapenda Maluku dalam meningkatkan pendapatan daerah dan mengoptimalkan layanan publik melalui penerapan teknologi dan kerjasama dengan sektor publik.

Pada kesempatan yang sama, dr. Sherly Yakobus, SpKj, Direktur RSKD, menyatakan harapannya terhadap kunjungan tim Bapenda. Ia mengungkapkan bahwa RSKD memiliki harapan khusus terkait peningkatan pendapatan, terutama di Provinsi Maluku. Ia juga menyampaikan harapannya agar perhatian dapat diberikan pada layanan unggulan yang RSKD tawarkan serta penyesuaian tarif layanan dengan tingkat pelayanan yang diberikan.

Sekaligus, dr. Sherly juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk perhatian istimewa yang diberikan oleh Bapenda kepada Rumah Sakit Khusus Daerah di Provinsi Maluku.

Di sisi lain, Yondri Latumanuwey dari Bank Maluku Malut hadir dan menjelaskan bahwa bank tersebut mendukung elektronikasi transaksi pemerintah daerah terkait retribusi yang dipungut di RSKD. Bank Maluku Malut akan menyediakan infrastruktur dan dukungan tanpa biaya bagi penerapan pembayaran non-tunai yang terintegrasi dengan sistem kabaresi milik Bapenda. Dengan langkah ini, diharapkan proses pembayaran dan rekonsiliasi akan menjadi lebih efisien, memberikan manfaat yang signifikan bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60