Dinas Pariwisata Maluku Gelar Bimtek Tata Kelola Destinasi Berbasis Data 2023

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Dinas Pariwisata Provinsi Maluku melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dalam rangka pengembangan tata kelola destinasi pariwisata berbasis data untuk tahun 2023. Acara ini digelar di lantai 1 Marina Hotel pada Senin, 21 Agustus 2023, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, akademisi, pengelola destinasi wisata, serta pelaku usaha sektor pariwisata di Pulau Ambon.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, dr. Meikyal Pontoh, M.Kes., menjelaskan bahwa, langkah awal untuk meningkatkan tata kelola destinasi pariwisata dimulai pada tahun 2022 melalui pengembangan sistem informasi kepariwisataan nasional (sisparnas). Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi daerah serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya data dalam pengambilan kebijakan pengembangan sektor pariwisata. Pontoh menyoroti isu utama, terkait pengumpulan dan manajemen data kepariwisataan, termasuk kelengkapan dan penyajian data.

” BIMTEK ini memiliki tujuan yang kuat yaitu melengkapi basis data kepariwisataan Provinsi Maluku agar dapat dikelola secara digital dan terintegrasi, dari Tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Nasional. Dalam rangkaian kegiatan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2023, akan dilakukan Tugas Pembantuan dalam Pengembangan Tata Kelola Destinasi Pariwisata. Langkah ini merupakan upaya konkret dalam pengembangan tata kelola destinasi pariwisata yang berfokus pada pemanfaatan data, dengan tujuan meningkatkan pelayanan, manajemen, dan skala industri pariwisata di Provinsi Maluku,” ujar Kadis Pariwisata, Pontoh.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Maluku, Muddin Wael, menambahkan bahwa, program ini merupakan bagian dari inisiatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam program ini, surveior dari masing-masing Kabupaten dan Kota di Maluku berperan dalam mengambil sampel data destinasi pariwisata.

” Dengan fasilitas yang diberikan, mereka akan melakukan pendataan selama tiga bulan. Data yang terkumpul akan dipresentasikan di tingkat Provinsi sebelum akhirnya diserahkan ke pusat. Program ini bertujuan, untuk mengintegrasikan data destinasi pariwisata dari berbagai daerah, dengan harapan, mampu memandu pengelolaan destinasi di tingkat Provinsi secara lebih efektif,” tutup Wael

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60