Kadis Koperasi dan UKM Maluku Jadi Narasumber dalam Acara Pendataan KUMKM 2023 oleh BPS: Kolaborasi untuk Pengembangan UMKM di Maluku

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Maluku – Dalam upaya untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Maluku, Drs. Mohammad Nasir Kilkoda, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Maluku, turut berperan sebagai narasumber dalam acara “Rapat Koordinasi Daerah Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Tahun 2023 (PL-KUMKM 2023)” yang di gelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi, di Hotel Santika lantai 5, pada Rabu (30/8/23), dimulai pukul 09.00 WIT.

Setelah acara, Moh. Nasir Kilkoda, yang juga menjabat sebagai Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Maluku, memberikan penjelasan kepada wartawan. Dia menjelaskan bahwa tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk merencanakan pelaksanaan pendataan lengkap bagi koperasi dan UMKM di wilayah Maluku.

“Kegiatan ini akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai pertengahan September hingga 15 Oktober 2023. Kami berharap pendataan mencakup empat kabupaten utama di Maluku, yakni Tual, Kei, Seram Bagian Barat, dan Maluku Tengah. Sementara daerah lainnya akan ikut tahun depan,” kata Kilkoda.

Kilkoda menekankan bahwa, acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan BPS. Setelah revisi, BPS ditunjuk sebagai pelaksana yang lebih sesuai untuk kegiatan ini.

“Mulai tahun ini hingga 2024, BPS akan memainkan peran sentral dalam pelaksanaan pendataan. Dengan data yang terkumpul dari acara ini, saya berharap Kementerian dapat memanfaatkannya untuk membina dan mengembangkan UMKM di wilayah Maluku,” tutup Kilkoda.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60