Kelurahan Honipopu di Kota Ambon Resmi Jadi Desa Binaan Moderasi Beragam

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id,Ambon – Kelurahan Honipopu, yang terletak di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, secara resmi diresmikan sebagai Desa/Kelurahan Binaan Moderasi Beragama dalam program Inkubasi Layanan Pembinaan Desa Moderasi Beragama dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Peresmian ini berlangsung pada Jumat (20/10/23) di kantor kelurahan dan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena, bersama Kakanwil Kemenag Maluku, H. Yamin, dan Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Prof. Yance Rumahuru.

Dalam pidatonya, Wattimena menekankan bahwa peresmian Honipopu sebagai Desa/Kelurahan Binaan Moderasi Beragama memiliki arti penting dalam pengembangan nilai-nilai moderasi.

” Program ini bertujuan untuk mempromosikan dialog antarumat beragama, membangun jaringan kerjasama yang kuat antar berbagai komunitas, dan menciptakan lingkungan di mana setiap warga merasa diterima, dihormati, dan aman dalam beribadah sesuai keyakinannya. Semangat moderasi beragama yang ditanamkan di Honipopu diharapkan akan menyebar ke seluruh Kota Ambon dan bahkan Indonesia, menciptakan masyarakat yang lebih baik yang saling menghormati dalam perbedaan, ” ujarnya.

Wattimena juga menyoroti faktor-faktor penting dalam pembinaan dan pengembangan moderasi beragama, termasuk menjaga perdamaian dalam keragaman, mendorong dialog antarumat beragama, meningkatkan pendidikan dan kesadaran, mempromosikan kerjasama dan solidaritas, serta memerlukan kepemimpinan yang bertanggungjawab.

” Peresmian Honipopu sebagai Desa/Kelurahan Binaan Moderasi Beragama menjadi sebuah warisan berharga untuk generasi mendatang, dan diharapkan agar hal ini dijaga dengan baik,” tutup Wattimena.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60