Mayjen TNI Syafrial Pimpin Upacara Megah HUT ke-78 TNI di Ambon

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Ambon – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, memimpin dengan gagah perkasa dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Acara yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, pada Kamis, 5 Oktober 2023, menjadi saksi kehadiran para prajurit dan PNS TNI dari seluruh matra, termasuk Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Tidak hanya itu, kehadiran Brimob, Satpol PP, Basarnas, Bakamla, Menwa, Pramuka, serta siswa SMA dan SMP di Kota Ambon turut menghiasi momen bersejarah ini. Gubernur Maluku, Murad Ismail, juga turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam amanatnya, Pangdam Syafrial menyampaikan pesan dari Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI atas kinerja yang yang telah dilakukan yang memperoleh kepercayaan tertinggi dari masyarakat berdasarkan hasil survei. Selain itu, Panglima TNI menekankan komitmen TNI untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa dalam menjaga demokrasi, terutama menjelang pemilihan umum serentak tahun 2024.

Pangdam XVI Pattimura menyoroti pentingnya kelancaran pemilu 2024 di 548 daerah dengan harapan agar berjalan aman dan damai. Dia juga menekankan, pentingnya teknologi dan sistem pertahanan yang relevan dengan perkembangan militer terkini untuk menjaga kedaulatan negara. Sementara itu, pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI terus berjalan dengan penekanan pada inovasi dan teknologi mutakhir. TNI juga diingatkan untuk tetap menjaga kemanunggalan dengan rakyat dan semangat kemandirian.

Pangdam mengakhiri amanatnya dengan pesan untuk terus meningkatkan keimanan, menjaga netralitas TNI dalam pemilu, dan menjaga nama baik TNI. Semua ini dilakukan demi keamanan nasional yang aman, damai, dan sejuk, serta demi keutuhan Republik Indonesia. Tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju” dipegang teguh.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penganugerahan tanda kehormatan kepada perwakilan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU oleh Pangdam. Tanda kehormatan diberikan berdasarkan keputusan Presiden RI Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka kepada negara dan semangat bela negara.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara ini Gubernur Maluku, Ketua Persit Chandra Kirana, Forkopimda Maluku, Pejabat jajaran Kodam XVI Pattimura, Penjabat Wali Kota Ambon, Pimpinan OPD Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon, Pimpinan BUMN/BUMD, dan Tokoh agama.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60