Program Kolaborasi Pengelolaan Sampah Bersama Sweepsmart – Nederland dan Pemkot Ambon Resmi Berakhir

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Ambon- Program kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan MVO Sweepsmart – Nederland dalam pengelolaan sampah, yang dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) pada Agustus 2022, resmi berakhir.

Alfredo Hehamahua, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Ambon, menyatakan bahwa dalam penutupan program MVO, pihak Sweepsmart telah mempresentasikan hasil kerja sama ini kepada Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, selain itu, berita acara serah terima peralatan dan aset dilakukan, termasuk peralatan untuk pengelolaan sampah di beberapa lokasi di Kota. ujarnya di Balai Kota Ambon, pada Jumat (20/10/23).

” Berdasarkan rincian, aset yang diserahkan kepada Pemkot meliputi Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) yang dikelola oleh Green Moluccas, Motor Tosa untuk pengambilan sampah di Kelurahan Pandan Kasturi, dan Truk Kompaktor Sampah yang melayani 5 titik collecting point di Kota Ambon. Titik-titik tersebut merupakan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) dengan pemilahan sampah di berbagai lokasi di Kota. Program ini memberikan kesempatan bagi Pemkot Ambon untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pengelolaan sampah serta peralatan yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut,” ungkapnya.

Hehamahua juga menegaskan harapan bahwa kerjasama dan kolaborasi ini akan dapat dilanjutkan oleh Pemkot melalui DLHP.

” Kami dari Pemkot Ambon menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada MVO Sweepsmart – Nederland yang telah mengoordinasi seluruh Konsorsium, serta Pemerintah Belanda, melalui Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, yang telah mendukung program ini dari awal hingga berakhir. Kerjasama ini telah memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan sampah di kota dan merupakan langkah penting menuju pengelolaan sampah yang lebih berkelanjutan dan efisien,” tutup Kadis DLHP Kota Ambon.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60