Ketua Komisi II DPRD Maluku Desak Pemprov Siapkan Skema Pemanfaatan Pangan Lokal Menghadapi Lonjakan Harga Beras

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Ambon – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa, menyerukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk menyiapkan skema pemanfaatan pangan lokal mengingat lonjakan harga beras di wilayah Maluku

” Harga beras di pasar tradisional Mardika Ambon telah melonjak menjadi 415.000 ribu per kilogram dari harga normal Rp385.000 per kilogram, sementara harga ecerannya naik dari Rp16.000 menjadi Rp18.000-19.000 per kilogram,” ujarnya di Rumah Rakyat, Karang Panjang Ambon, Selasa (27/2/24).

Lewerissa menegaskan bahwa, Pemerintah harus proaktif dalam mencari solusi terhadap masalah ini dengan menggali potensi pangan lokal sebagai alternatif untuk mengimbangi kebutuhan pokok masyarakat. Dia menekankan, pentingnya langkah konkret dari Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Maluku untuk menyiapkan skema pemanfaatan pangan lokal agar stok pangan selalu tersedia di masyarakat.

Selain itu, Lewerissa juga meminta perum Bulog dan Pemerintah untuk mengambil langkah konkret, dalam memastikan ketersediaan stok beras.

” Meskipun stok beras di Bulog masih tersedia hingga bulan April setelah impor sebanyak 10 ton pada September 2023, namun langkah tambahan perlu diambil mengingat dampak dari perubahan iklim,” tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60