SMK Pertanian Pembangunan Tingkatkan SDM Pertanian Maluku Melalui Sertifikasi Kompetensi

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Ambon – SMK Pertanian Pembangunan (SMK PP) berperan penting dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) muda di sektor pertanian Provinsi Maluku melalui sertifikasi kompetensi. Sebagai bagian dari Dinas Pertanian Provinsi Maluku, SMK PP memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan dari Lembaga Sertifikasi Pertanian Kementan RI di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kasubag Tata Usaha UPTD SPP Promal, Franki F. Untailawan, SP. M.Ec.Dev., menyatakan bahwa TUK SMK PP Promal, yang didirikan pada Desember 2021, telah mensertifikasi 115 lulusan dengan sertifikat nasional dalam berbagai bidang, termasuk hidroponik, pertanian organik, dan inseminasi buatan. Dengan lisensi yang diperoleh, TUK kini dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri tanpa tenaga dari luar daerah.

Kepala SMK PP Promal, Ahmad Tualepe, S.Sos. M.Si, mendukung penuh pengembangan TUK ini untuk meningkatkan kompetensi SDM pertanian di Maluku, dan memastikan pembaruan sertifikasi bagi asesor pada 2025.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60