BKSDA Maluku Lakukan Penilaian Konservasi 2024: Fokus pada Evaluasi dan Sinergi Kebijakan

banner 468x60

Loading

PatroliNews, Maluku— Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku mengadakan kegiatan penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi pada Senin, (19/08/2024), di Hotel Natsepa, Ambon.

Kepala Balai KSDA Maluku, Danny H. Pattipeilohy, S.Pi., M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk berkumpul dan melakukan penilaian ini.

Pattipeilohy menjelaskan bahwa, penilaian ini bertujuan untuk memastikan bahwa, kawasan konservasi dikelola sesuai dengan tujuan konservasi yang telah ditetapkan serta untuk memperbaiki kondisi-kondisi yang masih lemah.

Pattipeilohy juga menyampaikan bahwa, penilaian ini merupakan bagian dari komitmen internasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menggunakan METT (Management Effectiveness Tracking Tool) dengan penyesuaian sesuai dengan situasi di Indonesia, termasuk Maluku.

” Tahun 2022, Balai KSDA Maluku telah menilai 15 kawasan konservasi, termasuk Cagar Alam, Suaka Alam, Suaka Margasatwa, dan Taman Wisata Alam Laut. Tahun ini, penilaian akan dilakukan kembali untuk memperbarui nilai dan mengevaluasi capaian pengelolaan serta menentukan arah kebijakan pengelolaan ke depan. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk menyelaraskan perencanaan pengelolaan kawasan konservasi dengan program pemerintah daerah,” ungkapnya.

Pattipeilohy berharap, agar hasil penilaian kali ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya dan menghasilkan masukan-masukan yang berguna untuk perbaikan pengelolaan di masa depan.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan, termasuk akademisi dari Universitas Pattimura dan perwakilan BKSDA Maluku, yang telah hadir dalam acara ini.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60