Pemkot Ambon Tingkatkan Skor ETPD Menjadi 95,3%, Dorong Digitalisasi Transaksi Daerah

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Ambon – Skor Nilai Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Ambon meningkat signifikan sebesar 10,1 poin menjadi 95,3 persen pada semester pertama tahun 2024.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Ronald H. Lekransy, mengungkapkan bahwa, peningkatan ini merupakan hasil dari upaya transformasi transaksi pendapatan dan belanja daerah dari tunai ke nontunai berbasis digital sesuai Keppres Nomor 3 Tahun 2021 tentang TP2DD.

” Penilaian ETPD yang dilakukan dua kali setahun ini mencakup aspek Implementasi, Realisasi, dan Lingkungan Strategis, dengan Kota Ambon memperoleh nilai baik pada aspek Implementasi dan Lingkungan Strategis namun perlu peningkatan pada aspek Realisasi,” ungkapnya.

Lekransy berharap, ke depannya Pemkot Ambon dapat memperbanyak kanal pembayaran pajak dan retribusi daerah secara nontunai untuk meminimalisir kebocoran, mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), memudahkan masyarakat dalam pembayaran, serta memperbaiki pelaporan keuangan baik dari segi belanja maupun pendapatan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60