Pj. Gubernur Maluku Apresiasi Kinerja BPS dalam Peluncuran Berita Resmi Statistik

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Maluku – Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si. IPU, menghadiri dan membuka acara Peluncuran Berita Resmi Statistik yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku pada Kamis (1/8/2024). Acara ini berlangsung di Kantor BPS Maluku dan dihadiri oleh Plh. Sekda Maluku, Dr. Ir. Suryadi Sabirin, M.Si, Kadis Pertanian Provinsi Maluku, Dr. Ilham Tauda, SP. M.Si, serta sejumlah Kepala OPD dari Pemprov Maluku dan Kota Ambon.

 

Dalam acara tersebut, lima indikator statistik penting dibahas, termasuk perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK), Nilai Tukar Petani (NTP), ekspor-impor, tingkat penghunian kamar hotel, dan transportasi. Sadali Ie mengapresiasi kinerja BPS Maluku dalam menyediakan data yang akurat dan penting bagi stabilitas ekonomi di daerah.

 

Pj Gubernur Sadali Ie berharap, data ini dapat digunakan untuk memperkuat strategi pembangunan ekonomi dan infrastruktur di Maluku.

 

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaellapia, SE. M.Si, melaporkan bahwa inflasi di Maluku pada Juli 2024 turun menjadi 2,71% (y-o-y), berkat kerja keras Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan kerjasama dengan pemerintah daerah. Deflasi sebesar 0,82% terjadi secara bulanan, dan inflasi 1,19% secara year to date.

 

Pattiwaellapia juga menyoroti penurunan NTP sebesar 4,17% menjadi 101,70, sementara secara nasional meningkat 0,70%. Ekspor melalui pelabuhan Maluku meningkat drastis sebesar 2393,37% menjadi US$16,12 juta. Tingkat penghunian kamar hotel naik 1,99 poin menjadi 25,49%, dan ada peningkatan kunjungan kapal ke pelabuhan utama.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60