Politeknik Negeri Ambon Gelar Expo 2024, Dukung Pengembangan UMKM dan Riset Terapan

banner 468x60

Loading

PatroliNews.id, Ambon – Politeknik Negeri Ambon menjadi tuan rumah pelaksanaan Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Sentrinov) 2024 yang berlangsung di halaman Polnam pada Rabu (18/9/24), selama dua hari. Acara ini diawali dengan Polnam Expo 2024, yang dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Ambon, Dady Mairuhu, ST. MM, di Kampus Polnam, Ambon.

Dalam sambutannya, Dady Mairuhu menyatakan bahwa, expo ini merupakan wujud nyata dari komitmen seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Ambon untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Maluku.

Selain menampilkan hasil penelitian terapan dari seluruh politeknik di Indonesia, expo ini juga menjadi sarana kolaborasi antara para pelaku UMKM dan peneliti dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan agar UMKM di Maluku semakin berkembang dan mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat,” ujar Dady Mairuhu.

Beliau juga mengajak mahasiswa Politeknik Negeri Ambon untuk terus mengasah keterampilan kewirausahaan mereka, mempersiapkan diri sebagai wirausaha masa depan yang tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Polnam Expo 2024, Dr. Zany Irayati Aunalal, SE, M.Sc, juga menjelaskan bahwa, kegiatan expo ini melibatkan sekitar 50 UMKM, terdiri dari 25 UMKM Maluku Youth Kreatif dan 20 UMKM binaan Dinas Perindustrian Provinsi Maluku.

Selain itu, expo ini juga menampilkan produk-produk hasil riset dan pengabdian dosen Politeknik Negeri Ambon, termasuk Teaching Factory (Tefa) dari Jurusan Teknik Elektro. Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai instansi, seperti Bank Tabungan Negara (BTN), Jasa Raharja, dan beberapa lainnya.

Dr. Zany berharap, expo ini dapat memperkuat kolaborasi antara politeknik, industri, dan instansi terkait, serta meningkatkan eksposur Politeknik Negeri Ambon sebagai lembaga akademik yang berperan aktif dalam pengembangan riset dan UMKM.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60