Bappenas dan Bapedda Kembangkan Master Plan Pariwisata di Kepulauan Banda

banner 468x60

Loading

Ambon, Patrolinews.id – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Provinsi Maluku, tengah mengembangkan master plan untuk pariwisata di Kepulauan Banda. Kegiatan ini berlangsung dari 30 September hingga 5 Oktober 2024.

Kepala Bapeda Maluku, Dr. Anton A. Lailossa, ST, M.Si., saat diwawancarai di ruang kerjanya di Lantai 3 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (09/10/2024), menekankan pentingnya pengembangan pusat-pusat pertumbuhan yang disesuaikan dengan potensi unggulan daerah.

 “Untuk kemajuan Maluku, kita harus memiliki beberapa pusat pertumbuhan berdasarkan komunitas unggulan, seperti perikanan, perkebunan, dan pariwisata. Saat ini, fokus kami adalah Kepulauan Banda, yang memiliki potensi pariwisata luar biasa, baik untuk pasar nasional maupun internasional,” jelasnya.

Anton juga mengungkapkan bahwa, pihak Bappenas telah melakukan dua kunjungan ke Banda. Kunjungan pertama berlangsung pada Juli 2024 selama satu minggu, sementara yang kedua sedang berlangsung dan dihadiri oleh para deputi dari Kementerian Pariwisata, Bappenas, direktur Cagar Budaya, serta delegasi dari World Bank yang berasal dari Inggris, Belanda, Maroko, dan Manchester.

“Tim yang terlibat dalam pengembangan master plan ini bertugas untuk membuat strategi branding, menata kawasan kota, dan merancang perencanaan dari berbagai aspek, mulai dari makro hingga mikro,” tambahnya.

Anton berharap, master plan ini dapat selesai pada Desember tahun ini, dengan rencana aksi pengembangan Kepulauan Banda dijadwalkan pada 2026.

“Kami optimis Kepulauan Banda dapat bersaing dengan destinasi wisata lain di Indonesia, seperti Bali dan Labuan Bajo. Pengembangan ini juga diharapkan, dapat mendorong pertumbuhan wisata di lokasi lain di Maluku, seperti Pantai Pasir Panjang dan Pulau Koon,” tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60