PatroliNews.id, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kemandirian ekonomi berbasis sumber daya lokal.
Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, menegaskan komitmen ini dalam Sosialisasi Literasi, Branding, Digital Marketing, dan Public Speaking yang digelar BAKTI Kementerian Kominfo RI, Sabtu (23/11/24).
Dengan nilai kesiapan digital 63,23 persen pada level “Survival,” Pemkot Ambon memanfaatkan infrastruktur digital untuk mendukung UMKM, memperluas pemasaran produk lokal, dan mendorong kunjungan pariwisata.
Selain itu, konsep Smart City dengan dimensi Smart Economy dan Smart Branding menjadi fokus utama. Lekransy menyebutkan bahwa Ambon City of Music sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif terus didorong untuk memberikan dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi lokal.
Dukungan berupa 28 titik Wi-Fi Station dan e-katalog untuk UMKM menjadi langkah strategis Pemkot dalam transformasi digital. Hal ini juga sejalan dengan upaya BAKTI Kominfo, yang telah melatih lebih dari 200.000 alumni ekosistem digital sejak 2019, guna memperkuat keberlanjutan ekonomi digital di berbagai sektor.