Ketum Lantik PMTI Maluku: Melangkah Maju Bersama, Dukungan Gubernur Memperkuat Masyarakat Toraja

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), melaksanakan Pelantikan Pengurus PMTI Provinsi Maluku untuk periode 2023-2028. Acara berlangsung di Aula Korem 151 Binaiya Ambon, Rabu(17/5/23)malam.

Pelantikan ini merupakan, kelanjutan dari pelantikan pengurus PMTI di beberapa Daerah di Indonesia yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Timur, serta beberapa Negara seperti Prancis, Belanda, dan Australia.

Dalam Sambutannya Ketum PMTI , Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa mengatakan bahwa, Kehadiran Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pangdam, Kabinda, Sekda, dan Walikota Ambon dalam acara pengukuhan pengurus PMTI di Maluku, merupakan suatu kebanggaan dan dukungan bagi PMTI, yang telah bekerja keras di Maluku selama lebih dari 10 tahun, sementara PMTI sendiri telah berdiri selama 19 tahun. Meskipun masyarakat Toraja rendah hati, banyak Profesor dari Toraja telah menunjukkan kehebatannya di Maluku, dan saat ini walaupun belum ada Kepala Dinas dari Toraja di Maluku, mereka tetap aktif dalam pembangunan, sehingga penting bagi mereka untuk bersinergi agar dapat aktif dalam berbagai event, ujarnya.

” Sebanyak 70 orang masyarakat Toraja resmi dilantik sebagai pengurus di Provinsi Maluku dan Kota Ambon, hal ini menunjukkan pengakuan yang diberikan terhadap potensi mereka. Saya berharap agar mereka dapat aktif terlibat dalam proses pembangunan, memajukan wilayah, dan menjadi pemimpin yang berperan di Maluku. Tetaplah mengenang dan menghormati kampung halaman, serta menjalin ikatan sebagai keluarga besar di setiap tingkatan pemerintahan, dengan menggambarkan filosofi bahwa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung tinggi,” pesan Ketum PMTI menutup kata sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Maluku juga menyampaikan pentingnya sinergi dan menghilangkan perbedaan. Ia juga memberikan apresiasi kepada pengurus baru serta berharap, adanya inovasi yang mendorong kemajuan Maluku, serta menegaskan bahwa, acara ini menjadi langkah yang signifikan dalam memperkuat persatuan masyarakat Toraja di Provinsi Maluku, ucapnya dalam sambutannya.

” Dengan ini, Saya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada kepengurusan yang baru dilantik. Semoga PMTI dapat bekerja sama dengan Provinsi Maluku dalam membangun Maluku menjadi lebih baik dan sejahtera,” ungkap Gubernur Maluku.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail, SH, MH; Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa; Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, SH; Sekda Maluku Ir. Sadli IE, M.Si; Pj. Wali Kota Ambon, Drs. Bodewin M. Wattimena, M.Si; Danrem 151/Binaiya; Ketum PMTI, Sekjen PMTI; Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Maluku; Sekretaris Wilayah PMTI Maluku, Ketua KKSS Kota Ambon; GAMKI; dan Keluarga Besar Toraja se-Maluku.

SUSUNAN PENGURUS WILAYAH PERHIMPUNAN MASYARAKAT TORAJA INDONESIA (PW-PMTI) MALUKU MASA BAKTI 2023-2028
(SK: 4126/SK/PP-PMTI/V/23)

Ketua : Agustinus Lomo, SE
wakil ketua I : Nathan Palonda, S.H., M.H
Wakil Ketua II : Julius D.Madeten, ST. M.T
Wakil Ketua III: dr. Adonia Rerung
Sekretaris: Prof. Dr. Dominggus Malle, M.Sc
BENDAHARA : Esther Paly, SP

*BIDANG ORGANISASI, KELEMBAGAAN, DAN ASET : Daniel Pasodung,SP.M.Si

*BIDANG KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA :
Rudy Torry, ST, MH

• BIDANG KEWIRAUSAHAAN, DAN DANA :
Drs. Julius Pasiakan, Amd

*BIDANG SDA DAN LINGKUNGAN HIDUP :
Pither Pakabu, ST.,M.Si

*BIDANG HUBUNGAN/PAYUGUBAN LEMBAGA, PEMERINTAHAN DAN HUKUM : Julius Rory, S.Sos

*BIDANG KEROHANIAN, KESENIAN DAN BUDAYA : Robert Alik, S.Pi

*BIDANG KESEHATAN, SOSIAL DAN MASYARAKAT : Drs. Yohanis Mangosa

*BIDANG PENDIDIKAN dan PENGEMBANGAN SDM : Ir. Yance Pabisa, M.Tech

*BIDANG KOMUNIKASI, INFORMASI DAN PUBLIKASI : Marthen A. Kamoda, SP.,M.Si

KOORDINATOR DAERAH

Pulau Ambon Ambon : Drs. Ruben Ruru
Kab. Maluku Tengah : Drs Andarias Katto
Kab. SBB : Drs. Luther Siruru
Kota Tual & Maluku Tenggara : AKP Andarias
Kab. Kepulauan Tanimbar : Ir. Yulius
Kab. Kepulauan Aru : Iptu Y. Pali
Kab. MBD : Ir. Daniel Lomo

DEWAN PENASEHAT

Ketua Umum : Pdt. D.Sampeliling, M.Th
Sekretaris  : Ir. Yulius Buyang,MT
Anggota : Dr. Abednego, M.Pd ; Ir. Aris Torry; Pdt Benyamin Sampe; Drs. Ishak Saimima; Thomas Tandi Lembang; Yohanis Padang; Edwin Huwae, SH.M.Si; Drs. Adzer Lamba; dr Yohanis Paranuan M.Si, MPH; AKP (purn) Yusuf Tulak; Drs. Marthinus Saiya, M.Si.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60