Harlah Pancasila: Gubernur Maluku Dorong Warga Terapkan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

banner 468x60

Loading

PatroliNews.Id, Maluku – Pemerintah Provinsi Maluku gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku pada Kamis (1/6/23). Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Drs. Roy C. Siauta M.Si., dengan Pembina Upacara Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si.

Dalam upacara tersebut, tema yang diusung adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hadir dalam upacara tersebut jajaran Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda Maluku, dan perwakilan Aparatur Sipil Negara lingkup Pemprov Maluku.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Sadali, Gubernur Maluku mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Gubernur menjelaskan bahwa, Pancasila bukan hanya sebagai penyatuan bangsa, tetapi juga menjadi penuntun dalam menghadapi tantangan dan ujian sejarah bangsa.

Gubernur menegaskan bahwa, Pancasila merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Dalam menghadapi ancaman radikalisme, nilai-nilai Pancasila telah menjadi sumber kekuatan dan kebanggaan bangsa yang harus dihayati oleh semua warga Indonesia.

Tema perayaan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengedepankan tanggung jawab global dalam hubungan antarbangsa. Gubernur mengajak warga bangsa dan dunia untuk bergotong royong dalam membangun peradaban yang adil dan damai. Pentingnya memasyarakatkan Pancasila secara konsisten dan berkelanjutan juga ditekankan, terutama dalam menghadapi perubahan nilai-nilai baru di era globalisasi.

Meskipun cuaca hujan deras, upacara yang semula direncanakan di halaman Kantor Gubernur Maluku berjalan dengan lancar dan khidmat. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan menguatkan persatuan dalam menjaga keberagaman dan membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60